Sunday, 3 June 2012

Dunia Info | Dunia Penuh Informasi

Dunia Info | Dunia Penuh Informasi


soal OSP lagi ni.

Posted: 02 Jun 2012 04:37 AM PDT

OSP 2011
Deskripsi persoalan Untuk soal 14 s/d 16:
Di sebuah bandara internasional di negara antah berantah, pengelola bandara tersebut menyediakan bis yang berjalan keliling dari terminal A, terminal B dan terminal Parkir. Bis tersebut berhenti secara berurutan di 4 titik di terminal A yaitu terminal A1, terminal A2, terminal A3, terminal A4 yang melayani penerbangan-penerbangan dalam negeri. Kemudian bis tersebut secara berurutan berhenti di 3 titik terminal B yaitu terminal B1, terminal B2 dan terminal B3 yang melayani penerbangan-penerbangan internasional. Dari terminal B 3 bis tersebut menuju terminal Parkir untuk berhenti sejenak, dan kemudian menuju kembali ke terminal A1 dan seterusnya berulang-ulang.
Di airport tersebut juga disediakan layanan dua buah kereta listrik, salah satunya hanya berjalan dari terminal A3 ke terminal parkir pulang pergi, dan kereta lainnya hanya berjalan dari terminal B2 ke terminal parkir pulang pergi.
Alat transportasi tersebut merupakan layanan dari pihak pengelola bandara, dan tidak ada alat transportasi lain di lingkungan bandara tersebut yang dapat dipergunakan. Semua transportasi tersebut berjalan terus menerus selama 24 jam dan tidak dikenakan biaya bagi siapapun yang ingin memanfaatkannya.
14. Untuk dapat mencapai terminal A4 dari terminal Parkir dengan hanya menjumpai titik pemberhentian yang paling sedikit, terminal-terminal yang akan dilalui berturut-turut adalah? Jawab: ........
Jawaban: A3, A4 (mudah)
15. Di manakah tempat pemberhentian kedua bagi seseorang yang pergi dari terminal A2 ke terminal B3 yang melalui jalur paling sedikit? Jawab: ........
Jawaban: Terminal parkir (mudah)
16. Jika semua rute perjalanan berikut ini dibuat dengan kemungkinan titik pemberhentian yang paling sedikit, perjalanan yang perlu memanfaatkan kedua kereta listrik dan bis adalah :
(tuliskan jawaban anda di lembar jawaban hanya huruf pilihan yang bersangkutan).
a. Dari A2 ke A3
b. Dari A4 ke B1
c. Dari Terminal Parkir ke A2
d. Dari Terminal Parkir ke A4
e. Tidak Ada.
Jawaban: (E) Tidak Ada (mudah)

OSP 2010
1. Udin sudah bisa menjumlah bilangan, tetapi baru saja belajar menulis angka. Udin baru bisa menulis angka 1, 2, 3 dan 4. Tetapi dia tidak menyadari bahwa angka 1 dan 4 berbeda, bagi Udin "angka 4 adalah cara lain untuk menuliskan angka 1." Selain itu bilangan beberapa dijit seperti 132 adalah bilangan yang bernilai sama dengan hasil penjumlahan dari digit-digit itu sendiri. Contoh : 132 = 1 + 3 + 2 = 6 dan 112314 = 1 + 1 + 2 + 3 + 1 + 1 = 9 (ingat, Udin menganggap 4 adalah 1). Sekarang, Udin ingin tahu berapa banyak cara yang dapat dilakukannya untuk menuliskan sebuah bilangan bernilai tertentu. Misalnya 2, Udin dapat menuliskan 5 bilangan yaitu : 11, 14, 41, 44 dan 2. Ada berapa banyak kemungkinan bilangan beberapa digit yang menurut Udin bernilai 3?
Jawaban: 13
Yang dapat dituliskan adalah 3, 12, 21, 42, 24, 111, 114, 141, 144, 411, 414, 441, 444. Jadi ada 13 kemungkinan. (mudah)
Deskripsi berikut adalah untuk menjawab pertanyaan no.13 sampai dengan no.15.
Pak Umar menaruh barang berharganya di sebuah brankas (lemari besi) dengan kunci kombinasi 7 digit setiap digit adalah bilangan 0 sampai dengan 9.
13. Suatu ketika Pak Umar mengatur kombinasinya sedemikian rupa sehingga tidak ada digit yang digunakan berulang (setiap digit maksimum satu kali). Suatu ketika ia lupa bilangan kombinasi tersebut dan meminta anda untuk mencoba-coba berbagai kemungkinan. Ada berapa kemungkinan kombinasi yang mungkin anda harus coba?
Jawaban: 604800
10P7 = 10faktorial per 3 faktoriAL= 10*9*8*7*6*5*4 = 604800 (mudah)
14. Supaya tidak mudah kelupaan lagi ia men-set 3 digit berharga 0 (tidak tahu digit yang mana!) dan lainnya seperti sebelumnya maksimum hanya muncul 1 kali dalam kode (kecuali yang 0 tsb). Anda berancang-ancang kalau suatu ketika Pak Umar lupa kembali maka anda berhitung ada berapa kemungkinan kombinasi yang nanti harus dicoba.

Jawaban: 105840
Kombinasi untuk mengambil 4 dari 9 angka * permutasi 7 angka dengan 3 angka sama=
= 9C4 * 7 fakt per e faktorial
=9!/5! 4! *7*6*5*4
= 3*7*6 * 7*6*5*4
= 105840 (sedang)
15. Supaya semakin lebih mudah untuk diingatnya, maklum makin hari tambah pelupa saja, Pak Umar mensetnya kembali sedemikian rupa sehingga bilangan-bilangan itu tidak ada yang sama dan meningkat harganya dari kiri ke kanan. Ada berapa kemungkinan kombinasi?

Untuk mendapat 7 bilangan berbeda yang menaik, caranya adalah mengambil 7 bilangan berbeda dari 10 bilangan tersebut dan mengurutkannya. Pasti hanya ada 1 kemungkinan urutan yang valid untuk setiap kombinasi. Jadi ada
10!/7!3!= 10*3*4 = 120 (sulit)

OSP 2011
21. Perhatikan potongan program berikut:
var
x,y : integer;
procedure XYZ(var a,b:integer);
var
c: integer;
begin
c := a;
a := b;
b: = c;
x = x+10;
end;
begin
x:=10;
y:= 5;
XYZ(x,y);
writeln(x);
end.
Berapakah nilai angka yang tampil di output?

Jawaban: Compile Error
Karena terdapat kesalahan syntaks pada baris ke-10 dan ke-11. (sedang)
Untuk 23 dan 24 perhatikan potongan program berikut.
{
ubah adalah fungsi yang menerima masukan integer i dengan rumus:
ubah(1) = 'A'; ubah(2) = 'B'; ubah(3) = 'C', dst.
}
var
kalimat : array[1..10000] of string;
hitung : integer;
procedure berulang(idx,n: integer; kata:string);
var
i:integer;
begin
if (idx = n) then
begin
hitung := hitung+1;
kalimat[hitung] := kata;
end
else
begin
for i:=1 to 5 do
berulang(idx+1,n, kata+ubah(i));
end;
end;
23. Jika diberikan program utama ini:
begin
berulang(0,5,'');
writeln(hitung);
end.

Apakah output yang tampil di layar?
24. Jika diberikan program utama ini:
begin
berulang(0,5,'');
writeln(kalimat[1],' ',kalimat[10],' ',kalimat[hitung]);
end.
Apakah output yang tampil di layar?
Jawaban:
Pemanggilan prosedur berulang(a,b,prefix) akan mengisi array kalimat dengan semua kemungkinan susunan huruf dengan panjang b-a dengan huruf-huruf dari huruf pertama (A) sampai huruf ke-b (boleh digunakan lebih dari sekali), dengan awalan berupa string prefix. Selain itu, variabel hitung akan diisi oleh banyaknya isi dari array kalimat, yaitu banyaknya susunan huruf yang mungkin.Misalnya, jika dipanggil berulang(1,3,'p') akan dihasilkan:
pAA
 pAB
 pAC

pBA pBB pBC pCA pCB pCC
Untuk pemanggilan berulang(0,5,'') akan dihasilkan isi dari array kalimat sebagai berikut:
AAAAA AAAAB AAAAC AAAAD AAAAE AAABA AAABB AAABC AAABD AAABE ... EEEEE
Untuk jawaban dari soal nomor 23, variabel hitung akan diisi oleh banyaknya susunan huruf yang dibuat, yaitu 5^5 = 3125. (sulit)
Untuk jawaban dari soal nomor 24, yang ditampilkan di layar adalah susunan huruf pertama, susunan huruf kesepuluh, dan susunan huruf terakhir yang diurutkan sesuai kamus. Jawabannya adalah AAAAA (pertama), AAABE (ke-10), dan EEEEE (terakhir). (sulit)

25. Perhatikan potongan program berikut:
hasil := 1;
for i:=3 to 10 do
begin
if (i mod 2 <> 0) then
begin
hasil := hasil*i;
hasil := hasil*(-1);
end
else
hasil := hasil div 2;
hasil := hasil*(-1);
end;
writeln(hasil)
Apakah output yang tampil di layar?
Jawaban:
i = 3  hasil = (hasil*3)*-1
 = -3
i = 4  hasil = (hasil div 2)*-1
 = 1
i = 5  hasil = (hasil*5)*-1

 = -5
i = 6  hasil = (hasil div 2)*-1
 = 2
i = 7  hasil = (hasil*7)*-1
 = -14
i = 8  hasil = (hasil div 2)*-1
 = 7
i = 9  hasil = (hasil*9)*-1
 = -63
i =10  hasil = (hasil div 2)*-1
 = 31
Untuk soal 26 dan 27 perhatikan potongan program berikut:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
hitung:=0;
n:=10;
for i:=1 to n do
if (i mod 2 = 0) then
for j:=1 to 10 do
if (j mod 2 = 0) then
hitung := hitung + j
else
hitung := hitung + i;
writeln(hitung);
26. Apakah output yang tampil di layar?

Jawaban: 300
Perhatikan bahwa variabel hitung hanya akan bertambah nilainya jika nilai i adalah genap. Sehingga kita hanya perlu memperhatikan ketika nilai i adalah genap.
i = 2  j = 1  hasil = 2
 j = 2  hasil = 4
 j = 3  hasil = 6
 j = 4  hasil = 10
 j = 5  hasil = 12
 j = 6  hasil = 18
 j = 7  hasil = 20
 j = 8  hasil = 28
 j = 9  hasil = 30
 j =10  hasil = 40
i = 4  j = 1  hasil = 44
 j = 2  hasil = 46
 j = 3  hasil = 50
 j = 4  hasil = 54
 j = 5  hasil = 58
 j = 6  hasil = 64
 j = 7  hasil = 68
 j = 8  hasil = 76
 j = 9  hasil = 80
 j =10  hasil = 90
i = 6  j = 1  hasil = 96
 j = 2  hasil = 98
 j = 3  hasil = 104
 j = 4  hasil = 108

 j = 5  hasil = 114
 j = 6  hasil = 120
 j = 7  hasil = 126
 j = 8  hasil = 134
 j = 9  hasil = 140
 j =10  hasil = 150
i = 8  j = 1  hasil = 158
 j = 2  hasil = 160
 j = 3  hasil = 168
 j = 4  hasil = 172
 j = 5  hasil = 180
 j = 6  hasil = 186
 j = 7  hasil = 194
 j = 8  hasil = 202
 j = 9  hasil = 210
 j =10  hasil = 220
i =10  j = 1  hasil = 230
 j = 2  hasil = 232
 j = 3  hasil = 242
 j = 4  hasil = 246
 j = 5  hasil = 256
 j = 6  hasil = 262
 j = 7  hasil = 272
 j = 8  hasil = 280
 j = 9  hasil = 290
 j =10  hasil = 300 (sulit)
27. Jika kode di baris ke 2 diganti dengan
n:=1000
Apakah output yang tampil di layar?
Jawaban: 1267500
Perhatikan bahwa program tersebut ekivalen dengan rumus
hitung = 35*(n div 2)+5*(n div 2)2
= 35*500+5*5002
= 17500 + 1250000
= 1267500 (sulit)

28. Perhatikan potongan program berikut:
var
nilai : array[1..10] of integer = (1,7,9,23,12,6,12,7,8,10);
function rata2(n: integer):real;
var
sum:real;
begin
i:=1;
sum := 0;
repeat
sum := sum+nilai[i];
until (i=n);
rata2:=sum/n;
end;

Berapakah nilai yang dikembalikan jika dilakukan pemanggilan fungsi rata2(10)?
Jawaban: Time Limit Exceeded
Karena pada pengulangan repeat tidak ada penambahan variabel i sehingga nilai i tidak akan pernah sama dengan n (10)
34. Perhatikan fungsi berikut
function coba(a:integer):string;
var
b : integer;
str : string;
begin
if (a=0) then
coba:= ''
else
begin
b := a mod 2;
if (b=0) then str:='0'
else str:='1';
coba:= coba(a div 2)+str;
end;
end;
nilai yang dikembalikan oleh pemanggilan fungsi coba(155) adalah?
Jawaban:
coba(155) = coba(77)+'1'
= coba(38)+'1'+'1'
= coba(19)+'0'+'11'
= coba(9)+'1'+'011'
= coba(4)+'1'+'1011'
= coba(2)+'0'+'11011'
= coba(1)+'0'+'011011'
= coba(0)+'1 '1'+'0011011'
= '10011011'

32. Berapakah nilai maksimum di antara semua nilai yang tersimpan pada matriks A? Jawab: ........
Jawaban: 9999
Pembahasan: Untuk soal 32, nilai maksimum di antara semua nilai pada matriks A adalah 9999 (elemen yang tidak diubah selama prosedur S_B). (sedang)
33. Jika baris 43 dan 44 diganti dengan (area[qr[h]+mr[i],qc[h]+mc[i]] <> 'i') then Berapakah nilai A[9,0] saat procedure S_B dipanggil? Jawab: ........
Jawaban: Time Limit Exceeded atau Run-Time Error
Untuk soal 33, perubahan pada baris 43 dan 44 mengakibatkan elemen yang sudah diisi akan diisi lagi (setelah mengisi 0, terus berpindah ke sebelahnya, elemen 0 akan diisi kembali dengan angka 2. Jika queue (array qr dan qc) yang tersedia tidak terbatas, maka program tidak akan pernah terhenti. Namun, karena queue yang tersedia hanya 10000, maka suatu saat queue akan penuh dan program akan mengeluarkan pesan error. (sulit)

OSP 2011
Perhatikan kode berikut untuk soal 38 dan 39.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
var
a: array[1..100] of integer
n, jumlah, rata2: integer;
begin
sum:=0;
readln(n);
for i:=1 to n do
begin
readln(a[i]);
end;
for i:=1 to n do
{ Soal No. 38: tuliskan kode
untuk menghitung jumlah semua elemen array a
..... }
{ Soal No. 39: tuliskan kode untuk menghitung rata2 nilai elemen
array a
..... }
end.
38. Tuliskan kode untuk menghitung hasil penjumlahan semua nilai yang disimpan pada array a dan disimpan pada variabel jumlah di baris 13 Jawab: ........
Jawaban: sum := sum + a[i]; atau compile error
Untuk menghitung hasil penjumlahan dapat digunakan variabel sum yang di awal diinisialisasi dengan nilai 0. Kemudian, untuk setiap perulangan dari 1 sampai n, isi dari a[i] ditambahkan ke dalam sum. Jawaban compile error dikarenakan pada soal tertulis sum:=0; seharusnya jumlah:=0;
39. Tuliskan kode untuk menghitung hasil nilai rata-rata semua nilai yang ada pada array a dan disimpan pada variabel rata2 di baris 16. Jawab: ........
Jawaban: rata2 := sum div n; atau compile error
Untuk menghitung rata-rata nilai elemen array a dapat menggunakan nilai jumlah yang telah dihitung di perulangan (variabel sum) dan banyak elemen yang ada (variabel n). Perhatikan bahwa karena yang digunakan adalah tipe data integer, maka digunakan operator pembagi div. Jawaban compile error dikarenakan pada soal tertulis sum:=0; seharusnya jumlah:=0;

var
a: array[0..100] of integer;
function maksimum(n: integer): integer;
var
i: integer;
begin
{ Soal 40: lengkapi kode dengan algoritma untuk menentukan nilai maksimum
dari semua nilai yang disimpan pada a[0] s.d. a[N-1], dengan N>0 dan N<101 }
end;
40. Lengkapilah fungsi maksimum di atas, agar menghasilkan nilai maksimum dari array A dari indeks 0 sampai ke N-1, N>0 Tuliskan kodenya! Jawab: ...................................................................
Jawaban: begin
maksimum := a[0];
for i := 0 to n-1 do
if maksimum < a[i] then maksimum := a[i];
end;
Perhatikan bahwa bagian yang dilengkapi adalah bagian isi dari program, sehingga kita tidak bisa menambah variabel yang sebenarnya tidak diperlukan. Idenya adalah menggunakan looping dengan memanfaatkan variabel i untuk membandingkan nilai-nilai yang ada di dalam array. Sebelumnya, nilai dari fungsi maksimum diisi dengan salah satu nilai dalam array, misalnya a[0].

semua soal OSP disini,

Posted: 02 Jun 2012 04:28 AM PDT

OSP 2011

Deskripsi persoalan Untuk soal 4 s/d 5:
Tiga orang dewasa Roni(pria), Susi(wanita), dan Vina(wanita) bersama dengan lima anak-anak Fredi(pria), Heru(pria), Jono(pria), Lisa(wanita) dan Marta(wanita) akan pergi berdarmawisata ke Kebun Binatang dengan menggunakan sebuah kendaraan minibus.
Minibus tersebut memiliki satu tempat di sebelah pengemudi, dan dua buah bangku panjang di belakang yang masing-masing terdiri dari 3 tempat duduk, sehingga total terdapat delapan tempat duduk di dalam minibus tersebut, termasuk pengemudi.
Setiap peserta wisata harus duduk sendiri, masing-masing di sebuah kursi yang ada dan susunan tempat duduk harus disesuaikan dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
 Pada masing-masing bangku harus terdapat satu orang dewasa yang duduk
 Salah satu di antara Roni dan Susi harus duduk sebagai pengemudi
 Jono harus duduk bersebelahan dengan Marta

4. Jika Fredi duduk bersebelahan dengan Vina, siapakah penumpang pria yang duduk di paling depan? Jawab: .......

Jawaban: Heru
Jono bersebelahan dengan Marta artinya mereka duduk di bangku penumpang dan tidak bersama dengan Vina.
Roni/Susi Heru/Lisa
Jono Marta Roni/Susi
Fredi Vina Heru/Lisa
Jadi yang mungkin duduk di paling depan sebagai penumpang hanyalah Heru. (mudah)

5. Jika Susi duduk di salah satu bangku dan Fredi duduk di bangku lainnya, siapakah dua orang yang sebangku dengan Susi? Jawab: ....... , .......

Jawaban: Jono, Marta
Susi tidak sebangku dengan Fredi dan Jono bersebelahan dengan Marta. Pertanyaan pada soal adalah 2 orang yang sebangku dengan Susi, jadi pengemudinya adalah Roni.
Jadi Susi pasti sebangku dengan Jono dan Marta. (mudah)

Deskripsi persoalan Untuk soal 11 s/d 13:
Di suatu pertemuan ada 4 orang pria dewasa, 4 wanita dewasa, dan 4 anak-anak. Keempat pria dewasa itu bernama: Santo, Markam, Gunawan, dan Saiful. Keempat wanita dewasa itu bernama Ria, Gina, Dewi, dan Hesti. Keempat anak itu bernama Hadi, Putra, Bobby dan Soleh.
Sebenarnya mereka berasal dari 4 keluarga yang setiap keluarga terdiri dari seorang ayah, seorang ibu dan satu orang orang anak, namun tidak diketahui yang mana yang menjadi ayah dan mana yang menjadi ibu dan mana yang menjadi anak dari masing-masing keluarga itu. Kecuali, beberapa hal diketahui sebagai berikut:
 Ibu Ria adalah ibu dari Soleh.
 Pak Santo adalah ayah dari Hadi.
 Pak Saiful adalah suami dari Ibu Dewi, tapi bukan ayah dari Bobby.
 Pak Gunawan adalah suami Ibu Hesti.

11. Putra adalah anak dari Pak ........

Jawaban: Saiful
Ibu
Ayah
Anak
Ria
?
Soleh
?
Santo
Hadi
Dewi
Saiful
?
Hesti
Gunawan
?
Karena Saiful bukan ayah Bobby, Bobby adalah anak Hesti. Jadi anak Saiful adalah Putra. (mudah)
Ibu
Ayah
Anak
Ria
Markam
Soleh
Gina
Santo
Hadi
Dewi
Saiful
Putra
Hesti
Gunawan
Bobby

12. Anak dari Pak Gunawan adalah ........
Jawaban: Bobby
Sudah terjawab di pembahasan no. 11. (mudah)

13. Jika pernyataan (1) di atas dihilangkan, periksalah apakah masih bisa disimpulkan bahwa
I. Ibu Ria kemungkinannya bersuamikan Pak Markam atau Pak Santo
II. Soleh kemungkinannya anak dari Pak Markam atau Pak Santo
III. Ibu Dewi kemungkinannya adalah ibu dari Soleh atau Putra
(tuliskan jawaban anda di lembar jawaban hanya huruf pilihan yang bersangkutan).
(A) Hanya I yang benar
(B) Hanya II yang benar
(C) Hanya III yang benar
(D) Hanya I dan III yang benar
(E) Ketiganya benar

Jawaban: (D) Hanya I dan III yang benar
Jika pernyataan no.1 dihilangkan:
Ibu
Ayah
Anak
?
Markam
?
?
Santo
Hadi
Dewi
Saiful
?
Hesti
Gunawan
?
Pernyataan I masih bisa disimpulkan dengan mudah. Pernyataan III juga bisa disimpulkan dengan mudah karena Saiful karena bukan ayah dari Bobby. Sementara itu pernyataan II salah karena bisa saja Soleh merupakan anak dari Saiful. (mudah)


Pembahasan Soal OSP 2007

Part#1 (Soal 1 s.d. 10)

  1. Pertama perlu anda membentuk "model matematis" persoalan ini.  Jika jumlah rumah (jumlah keluarga) adalah x, jumlah dewasa adalah 2x. Jika jumlah anak laki-laki adalah y dan jumlah anak perempuan adalah z, terjadi pertidaksamaan 2x > y > z > x. Pertanyaan soal adalah mencari 2x+y+z yang paling kecil. Harga-harga x, y dan z yang memenuhi pertidaksamaan itu tentu banyak sekali kemungkinannya. Jadi disini terdapat masalah kombinatorik dan anda harus mengeksplorasinya. Karena dicari yang paling sedikit yang paling bijaksana adalah memulai dari kemungkinan yang paling kecil.
    • Tentu x=0 tidak mungkin karena tidak ada y dan z yang memenuhi.
    • Kita periksa x=1 (dan 2x = 2), maka tidak ada bilangan bulat lain antara 1 dan 2 untuk harga y dan z.
    • Periksa x=2 (dan 2x=4), karena hanya ada satu bilangan buat antara 2 dan 4 maka ini juga tidak mungkin.
    • Periksa x=3 (dan 2x=6), terdapat dua bilangan bulat antara 3 dan 6 sehingga y=5 dan z=4. Jadi orang-orang dikampung itu kemungkinan paling sedikit adalah 6+5+4 = 15

  1. Berapa digit keempat dari kanan pada bilangan 55231? Kalau anda berusaha menghitungnya begitu saja dan ternyata jawabannya diperoleh, anda patut dipuji karena anda memiliki keuletan yang luar biasa untuk mengikuti olimpiade tapi bidangnya sebaiknya Matematika. Untuk bidang ini anda harus dengan cerdik "memahami" apa yang ada dibalik pertanyaan ybs.Bilangan-bilangan pangkat dari 5 berharga berturut-turut dari pangkat 1, 2, …, adalah 5, 25, 125, 625, 3125, 15625, 78125, 390625, 1953125, ... (Apakah anda perlu memperkalikannya dengan 5 untuk menghitung angka berikutnya? Tidak perlu. Cukup mengalikannya dengan 10 lalu membaginya dengan dua. Lebih mudah kan? Jika anda merasa mengali dengan 5 lebih mudah, ya silakan tidak ada-apa). Kalau deret tsb diperhatikan lagi maka terjadi pengulangan harga-harga pada digit ke 4 dari kanan tersebut yaitu 3 à 5 à 8 à 0 à 3 à  dst.
    • 3 muncul pada harga pangkat 5, 9, 13, . . . dst, membentuk deret 4a + 1
    • 5 muncul pada harga pangkat 6, 10, 14,  . . .dst, membentuk deret 4a + 2
    • 8 muncul pada harga pangkat 7, 11, 15, . . .dst, membentuk deret  4a + 3
    • 0 muncul pada harga pangkat 8, 12, 16, . . .dst, membentuk deret  4a
Sekarang dalam deret manakah pangkat 5231? Karena 5231 mod 4 = 3, maka berada pada deret 4a + 3. Jadi harga digit tersebut adalah 8.

  1. Soal ini sebenarnya masalah kombinatorik yang menarik. Sayangnya karena adanya kesalahan editorial (kehilangan kata "maksimum"), soal ini menjadi memiliki lebih dari satu jawaban yang benar. Dan dengan mudah anda dapat menjawabnya dengan mengambil bilangan paling kecil (karena bilangan lebih besar akan semakin "beresiko" untuk tidak memenuhi, betul kan?). Seandainya kata "maksimum" itu tidak hilang maka anda harus mencoba sejumlah kemungkinan, tapi jumlah kemungkinan tidak banyak karena papan catur hanya memiliki 8 baris dan 8 kolom maka pilihan 9 dan 10 tidak perlu diperiksa. Jadi mulai dengan mencoba 8 biji catur dengan mencoba menempatkannya sesuai dengan permintaan. Dan ternyata bisa masuk. Jadi jawabannya 8, paling banyak. Berarti tanpa kata "maksimum" tsb jawaban 6 atau 7 juga benar..
.
  1. pertama, jika a+b genap, dengan a dan b masing-masing bilangan bulat, pastilah keduanya bilangan genap atau keduanya  bilangan ganjil.
·        Jawaban (A), (C ), (D), dan (E) bisa ganjil jika keduanya ganjil, tapi bisa juga genap jika keduanya genap.
·        Sementara jawaban (B), jika keduanya ganjil, a*a ganjil dan b*b juga ganjil, tetapi jumlah dua bilangan ganjil menjadi genap. Jika keduanya genap, sudah jelas hasilnya genap. Jadi untuk semua kemungkinan selalu genap.

  1. Ketika soal ini dibuat, setiap gelas harus berisi minimal 1 kelereng. Tapi karena batasan tesebut tidak dituliskan secara eksplisit (walau pun bisa diperdebatkan bahwa secara implisit itu ada), maka jawaban benar dibuat untuk kedua kemungkinan versi tsb.
·        Berikut ini pembahasan untuk versi "tidak ada gelas yang kosong". Agar setiap gelas berisi kelereng dalam jumlah yang berbeda, maka diperlukan minimal 55 butir kelereng (gelas-gelas berisikan masing-masing 1, 2, …, 10 butir). Agar jumlahnya menjadi 44 maka kita harus mengambil 11 butir dari gelas-gelas itu sedemikian rupa. Jika yang diambil 9 atau kurang maka akibatnya hanya ada 2 gelas yang berisi sama (yaitu misalnya mengambil 9 butir dari dalam gelas yang berisi 10 butir). Dengan mengambil 9 butir terlebih dahulu lalu mengambil 2 butir berikutnya maka akan ada minimal 3 gelas yang sama (yaitu dengan mengambil 2 butir dari gelas berisi 3 butir).
·        Berikut ini untuk versi "gelas bisa kosong". Jika semua gelas berisi kelereng dalam jumlah yang berbeda maka diperlukan 45 butir kelereng (gelas-gelas berisikan masing-masing 0, 1, …, 9 butir). Agar jumlahnya menjadi 44 maka kita harus mengambil 1 butir saja dari gelas manapun sehingga ada 2 gelas yang berisi kelereng yang sama banyaknya.

  1. Soal ini termasuk kategori "mudah sekali". Dalam soal ini anda bisa memeriksa setiap bilangan pilihan dengan membaginya dengan 63. Jika hasilnya tidak berbentuk 5a3b (atau tidak dapat dibagi 63) maka itu yang dipilih. Kebetulan jumlah diginya sedikit sehingga cara itu masih mungkin. Jika jumlah digitnya panjang sekali maka soalnya menjadi lebih menarik…. 

  1. Dalam soal ini z mod 13 =  dan z mod 18 = 3. Kemungkinan harga z untuk "z mod 13 = 5" adalah 5, 18, 31, 44, 57, 70, 83, 96, …dst.. Kemungkinan harga z untuk "z mod 18 = 3" adalah 3, 21, 39, 57, 75, …dst. Bilangan terkecil yang sama adalah 57 (hmm, kebetulan dapat diperoleh segera). Jadi bilangan 57 jika dibagi 7 akan bersisa 8. Dalam versi selanjutnya akan lebih menarik kalah ada 3 persamaan modulo utuk dipecahkan dengan harga-harga yang besar… tapi anda harus belajar teori bilangan mengenai modulo.

  1. Karena pajaknya antara 5% hingga 5% maka kemungkinan harganya tentu antara 105% sampai 108% dari harga semula, yaitu Rp 3.150.000,- hingga Rp 3.240.000,-. Dari keempat pilihan hanya Rp. 3.180.000,- yang memenuhi. (Ya ampun, soal ini kan terlalu mudah alias soal gratis, tapi koq di 30 besar ada yang tidak berani menjawabnya??? Di 90 besar lainnya bahkan ada 5 orang menjawab salah!!!)

  1. Jika bilangan tersebut a/b, maka (2a)/(b/2) adalah 4a/b. (Ini juga soal gratis tapi di 90 besar koq ada 7 orang yang salah dan 2 orang yang tidak berani menjawabnya!!!)

  1. Karena x2+2xy+y2 = (x+y)2 = 9 maka  (x+y)4 = ((x+y)2)2 = 92 = 81. (Lagi-lagi termasuk soal yang gratis, tapi masih ada 2 orang dari 90 besar yang salah dengan menjawab 27 atau 36. Bagaimana ini??).
from angelina veni dot com

Cara Daftar SMS Banking BRI

Posted: 02 Jun 2012 12:21 AM PDT

Cara Daftar SMS Banking BRI - fasilitas bank sekarang makin mempermudah penggunanya. dimulai ada "Cara Mendaftar Internet Banking BRI" dan ada juga sms banking, lengkap deh..

ini cara daftarnya:

= Cara Mendapatkan Layanan SMS Banking BRI 3300
* Memiliki BRI Card (ATM BRI)

* Telah melakukan registrasi di ATM BRI dengan cara -> dimenu utama BRI pilih Transaksi Lain -> Pilih menu Registrasi -> Pilih menu SMS Banking dan masukan nomor HP Anda (Gunakan HP Anda sendiri) -> Masukan 6 Digit PIN SMS banking BRI (buat sendiri PIN Anda dan jangan diberitahukan kepada orang lain).

* Telah memiliki PIN SMS Banking BRI sejumlah 6 digit yang didaftarkan via ATM BRI.

* Menggunakan nomor akses 3300 untuk seluruh operator baik GSM : Telkomsel, Indosat dan XL* (*masih dalam pengembangan), serta CDMA : Fren dan Esia

Setelah melalui tahap-tahap diatas sekarang HP anda sudah bisa langsung menikmati semua layanan sms banking BRI untuk bertransaksi sesuai fasilitas yang tersedia tanpa harus report seperti mengisi formulir aktivasi/melalui customer service dan sebagainya cukup praktis bukan ?

Kode Perintah SMS yang digunakan :
* Cek saldo -> SALDO PIN -> contoh SALDO 123456

* Transfer Antar Rekening BRI -> TRANSFER BRINOREKTUJUAN JUMLAH PIN -> contoh TRANSFER BRI0170xxxxxxxxx 500000 123456

* Pembelian Pulsa -> PULSA NOHP NOMINAL PIN -> contoh PULSA 0812123456 50000 123456

* Pembayaran Kartu Kredit -> BAYAR CITI NOKARTU NOMINAL PIN -> contoh BAYAR CITI 01234567910 100000 123456

* Untuk fasilitas layanan lainnya silahkan hubungi call center BRI di 14017 (dari HP) dan 021 57-987-400

terima kasih. mungkin ini saja yang bisa saya post, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

jangan lupa follow blog ini,nanti saya follow back,budayakan tinggalkan komentar.