Saturday, 12 January 2013

Blogodolar Tips & News

Blogodolar Tips & News


Pencapaian dan Evaluasi Target 2012

Posted: 11 Jan 2013 07:35 AM PST

Tidak terasa tahun 2012 sudah berlalu. Selama kurun waktu tersebut, banyak hal yang terjadi dalam aktivitas ngeblog saya sebagai seorang full time blogger, mulai dari review positif oleh KonsumenReview, masuk To 10 Blog Blogging Indonesia versi NotOrdinaryBlogger, tinggal di Makassar, sampai kopdar dengan blogger-blogger Makassar.

Sementara itu, dari sisi target 2012, saya mendapat rapor merah karena kesuksesannya hanya 14%.

Detail pencapaian dan evaluasinya saya uraikan di bawah ini.

Target #1: Menulis 120 postingan sebelum 31 Desember 2012 (gagal)

Target saya adalah menulis 10 postingan setiap bulan. Target ini nampaknya akan berjalan mulus karena Jan-Maret 2012 saya mampu menulis 10 postingan tiap bulannya. Namun, sejak April 2012, produktivitas menulis saya menurun drastis, dan bahkan saya tidak menulis sekalipun di Juni 2012 (lihat grafik di bawah ini).

Grafik jumlah postingan 2012

Penyebab utama penurunan ini adalah saya jenuh menulis dan galau karena “terhajar” Google Penguin.

Target #2: Memiliki 1.300 pelanggan RRS sebelum 31 Desember 2012 (sukses)

Target kedua ini merupakan satu-satunya target yang tercapai. Pencapaian ini kemungkinan besar dipengaruhi call to action yang menarik di sidebar atas (sekarang sudah dihilangkan), di setiap akhir postingan, dan beberapa page (lihat di sini dan di sini). Kemungkinan lain adalah penunjung tertarik mengikuti blog ini karena ingin tahu kehidupan saya sebagai seorang full time blogger.

Opini saya:

Call to action di form berlangganan dan jenis postingan kisah/studi kasus menarik minat pengunjung untuk berlangganan.

Target #3: Mencapai 1.000 pengunjung unik harian sebelum 31 Desember 2012 (gagal)

Dalam kurun waktu 1 Januari sampai 31 Desember 2012, Blogodolar dikunjungi 158.128 pengunjung unik (lihat data Google Analytics di bawah). Bila dibagi 365 hari, maka pengunjung unik harian adalah 433.

Pengunjung unik Blogodolar 2012

Jumlah pengunjung unik harian ini jauh dari target. Penyebabnya? Blog ini lama terbengkalai sehingga tidak dapat pengunjung baru dari tulisan-tulisan terbaru.

Target #4: Memperbaiki 200 postingan yang rusak sebelum 31 Juni 2012 (gagal)

Masih banyak tulisan yang rusak di blog ini. Saya hanya mampu memperbaiki sekitar 20 postingan. Alasannya? Saya malas.

Target #5: Menembus Alexa Rank di bawah 50.000 sebelum 31 Desember 2012 (gagal)

Target menembus alexa rank di bawah 50.000 juga tidak bisa tercapai. Penyebab utamanya adalah bounce rate yang cukup tinggi (74,58%). Ini mungkin saja karena para pengunjung setia yang kecewa sehingga meninggalkan blog ini tanpa membuka tulisan satu pun.

Target #6: Memiliki sebuah Amazon niche blog sebelum 31 Mei 2012 (gagal)

Saya memang memiliki sebuah niche blog yang khusus Amazon. Namun, blog tersebut dibuat September 2012. Keterlambatan pembuatannya karena Mei-Agustus 2012 saya fokus mengembalikan posisi 10 blog berbahasa Inggris yang terkena dampak Google Penguin.

Target #7: Memperoleh penghasilan $1,000 per bulan dari Google Adsense sebelum 31 Desember 2012 (gagal)

Ironis! Sembilan hari setelah saya menetapkan target ini, akun Google Adsense saya di-banned. Saya sudah menginformasikan penyebabnya di postingan ini.

Pelajaran yang Saya Peroleh

Memiliki target yang disusun secara baik belumlah cukup kalau tidak diikuti dengan tindakan-tindakan nyata. Bila tidak, kegagalan akan menghampiri seperti yang saya alami.

Dari kegagalan tersebut, saya setidaknya memperoleh 3 pelajaran berikut ini:

1. Fokus

Fokus pada target yang hendak dicapai adalah keharusan. Pada kasus saya, saya tidak fokus karena beralih menekuni Infolinks yang di luar rencana menghasilkan banyak dolar.

2. Evaluasi 3 atau 6 Bulanan lebih baik

Mengevaluasi target dalam kurun waktu tahunan adalah sebuah kekeliruan. Jauh lebih baik kalau target dievaluasi 3 atau 6 bulanan sehingga masih ada waktu untuk memperbaikinya atau mengarahkannya ke jalur yang benar.

3. Cuti ngeblog 2 kali setahun

Rutinitas akan berujung kepada rasa jenuh. Oleh karena itu, cuti ngeblog sebanyak 2 kali setahun (masing-masing satu minggu) sangat baik untuk menghilangkan rasa jenuh. Ibarat baterei ponsel, sebagai blogger kita perlu di-charge untuk memulihkan energi.

Ngomong-ngomong, apakah target 2012 Anda tercapai? Silakan menginformasikannya pada bagian komentar di bawah ini.

Postingan Terkait:

No comments:

Post a Comment

jangan lupa follow blog ini,nanti saya follow back,budayakan tinggalkan komentar.