Wednesday, 30 January 2013

Blogodolar Tips & News

Blogodolar Tips & News


Kenapa Blogger Perlu Tahu Personal Branding?

Posted: 29 Jan 2013 10:04 AM PST

Ini adalah postingan tamu Oktorian S. Hakim dari notordinaryblogger.com. Jika Anda tertarik menjadi blogger tamu di Blogodolar, silakan lihat panduannya di sini.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jutaan blog sudah beredar saat ini. Di antara jutaan blog itu, terdapat beberapa blogger yang mencuri perhatian, yaitu blogger yang menerapkan personal brand mereka dengan efektif.

Jika Anda mengklaim diri sebagai seorang blogger profesional (atau ini menjadi impian Anda) sudah saatnya untuk memahami personal branding.

Sebagai seorang blogger profesional maka Anda perlu memasarkan diri sendiri. Target Anda adalah konsumen yang selalu mendapat informasi serupa dalam jumlah besar.

Kenapa demikian? Karena Anda bukanlah blogger profesional satu-satunya. Oleh karena itu penting untuk menjadi unik dan kredibel agar Anda mencuri perhatian banyak pembaca.

Setidaknya itulah inti dari personal branding untuk seorang blogger. Yaitu upaya untuk mendekatkan diri Anda kepada target pasar melalui tawaran yang membedakan Anda dari pesaing.

Lantas bagaimana personal branding bisa membantu blogger?

Personal brand akan membuat Anda dikenal (atau diakui) atas apa yang Anda lakukan di tengah ramainya kompetisi.

Jika sudah demikian tentu kesuksesan dalam dunia online bukanlah angan-angan semata.

Lantas, apa yang membuat personal branding ini penting untuk diketahui?

Orang yang sukses dalam personal branding setidaknya memperhatikan penampilan mereka, bagaimana mereka menyampaikan  pesan yang mudah dipahami, kredibilitas informasi yang diberikan dan memiliki daya tarik tersendiri.

Mari kita bahas.

Perhatikan Penampilan

Pernahkah Anda berpikir kenapa seseorang bisa mendapatkan banyak relasi? Mereka memperhatikan penampilan. Relasi sangat berarti dalam dunia online.

Jika Anda ingin sukses dengan blog Anda, setidaknya perhatikanlah tampilan blog Anda. Seseorang yang berkunjung ke blog Anda akan melihat tampilan sebagai kesan pertama.

Pilihan theme, desain, banner iklan, warna dan lain sebagainya bisa menjadi pemikat pengunjung pertama blog Anda.

Penyampaian Pesan

Jika konten utama blog Anda berupa tulisan, ini menjadi sangat penting. Sebagai blogger profesional, tentu pesan Anda harus jelas dan mudah dimengerti. Dengan demikian pengunjung mudah untuk mengikuti informasi yang Anda berikan.

Kredibilitas Informasi

Data dukung menjadi krusial jika sudah berbicara soal kredibilitas informasi. Semakin banyak informasi yang kredibel maka semakin dekat Anda kepada target pasar.

Katakanlah Anda berencana menerbitkan buku tentang mencari uang dari blog, maka tentu saja Anda perlu membangun komunitas pembaca untuk blog Anda.

Pemberian data dukung atas artikel yang Anda tulis akan menambah kualitas atas konten blog Anda. Konsumen akan mendekat jika ada kualitas yang ditawarkan, sehingga pastikan data dukung atas informasi yang Anda sampaikan memadai.

Daya Tarik

Keunikan yang membedakan Anda dengan blogger profesional lainnya sangatlah penting untuk dipahami. Dengan demikian pembaca akan memahami kenapa mereka harus membaca blog Anda bukan blogger lain.

Jadi apa yang membuat blog Anda unik? Temukanlah itu dan sampaikan kepada pengunjung dengan tagline blog Anda.

Kesimpulan

Pemahaman blogger akan personal branding akan menyingkat waktu yang dibutuhkan dalam membangun relasi online. Relasi online merupakan modal awal yang sangat berharga untuk blogger khususnya blogger profesional yang berniat untuk sukses hidup secara online.

Oktorian S. Hakim adalah seorang part-time blogger dan freelance writer pengelola notordinaryblogger, tempat sederhana dimana ia berbagi tips blogging dan informasi seputar bisnis internet dalam dua bahasa.

Postingan Terkait:

No comments:

Post a Comment

jangan lupa follow blog ini,nanti saya follow back,budayakan tinggalkan komentar.