Friday, 1 March 2013

Blogodolar Tips & News

Blogodolar Tips & News


Cara Menyewa Hosting di HostGator

Posted: 28 Feb 2013 02:44 AM PST

Jika Anda mau membuat blog WordPress yang mudah ditangani dan leluasa dimonetisasi, maka Anda perlu hosting untuk menyimpan file-file (gambar, teks, dan sebagainya) blog Anda. Hosting tersebut bisa Anda buat sendiri dengan membeli server dan perangkat lainnya atau menyewanya di penyedia hosting dalam negeri ataupun luar negeri.

Dari sisi analisis biaya dan waktu, menyewa hosting lebih efektif dan efisien dibanding membuatnya sendiri, terlebih jika Anda baru memulai ngeblog.

Pertanyaannya adalah penyedia hosting mana yang bagus?

Tentu saja jawabannya relatif. Saya sendiri saat ini puas menyewa hosting di HostGator, yaitu perusahaan webhosting terbesar di dunia sekarang ini. Asyiknya lagi, HostGator memberikan diskon luar biasa pada bulan pertama (jika Anda membayar bulanan). Anda cukup membayar $0,01 di bulan pertama tersebut.

Nah, jika Anda berniat menyewa bulanan dan tertarik dengan diskon bulan pertama tersebut, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1. Klik banner HostGator yang di sidebar atas Blogodolar.

Langkah 2. Akan muncul halaman utama HostGator. Klik tab Web Hosting atau View Webhosting Plans.

Langkah 3. Akan muncul paket-paket shared hosting yaitu Hatchling Plan, Baby Plan, dan Business Plan. Ketiga paket ini beda-beda fitur dan harganya. Hatchling Plan yang paling murah, namun paket ini hanya untuk 1 domain (blog) saja.

Jadi, jika Anda hendak membuat banyak blog, pilih Baby atau Business Plan. Lalu klik tombol Order Now.

Langkah 4. Akan muncul Step 1: Choose a Domain. Jika Anda sudah punya domain sendiri, pilih bagian I Currently Have a Domain.

Masukkan nama domain Anda di kolom yang tersedia. Pada tutorial ini, saya memasukkan domain diarin.com yang sudah saya beli sebelumnya di NameCheap.

Jangan lupa, masukkan kode kupon 1cent pada bagian Enter a Coupon Code agar Anda membayar hanya $0,01 di bulan pertama. Selanjutnya klik tombol Continue to Step 2.

Langkah 5. Akan muncul Step 2: Billing Information.

  • Package Type: pilih Baby
  • Billing cycle: pilih 1 Month
  • Username: nama pengguna
  • Security pin: password Anda (semuanya angka)
  • Billing Information: isi SESUAI identitas di KTP/SIM
  • Payment Information: pilih PayPal
  • Hosting addons: hilangkan tanda centang di sebelah Add Site Lock

Secara default, HostGator memasukkan fitur Add Site Lock untuk keamanan blog sehingga muncul biaya $15 di items pembelian Anda. Fitur ini tidak perlu sehingga pastikan Anda menghilangkan tanda centang di sebelah kiri kotak Add Site Lock.

Bila semua item pembelian Anda sudah benar, centang kotak Terms and Condition lalu klik tombol Create Account.

PENTING: Isikan data-data identitas Anda SESUAI KTP/SIM karena HostGator akan melakukan konfirmasi identitas (Anda diminta mengirimkan scanan identitas Anda) untuk mengaktifkan akun Anda. Jika data-data yang Anda masukkan tidak sesuai dengan identitas Anda, maka Anda permohonan Anda menyewa hosting di HostGator akan ditolak dan uang Anda akan dikembalikan.

Langkah 6. Akan muncul Important Message Below. Klik Pay Now.

Langkah 7. Login ke akun PayPal Anda untuk melakukan pembayaran.

Langkah 8. Akan ada pemberitahuan dari HostGator ke email Anda mengenai pembelian ini beserta informasi login.

Langkah 9. Pada kasusu tertentu, HostGator akan meminta Anda untuk mengirimkan scanan identitas untuk mengaktifkan akun Anda.

Langkah 10. Jika data-data yang Anda masukkan  di bagian billing information sesuai KTP/SIM Anda, proses ini akan cepat sehingga akun hosting Anda di HostGator akan segera aktif.

Semua langkah di atas sudah saya buatkan dalam bentuk PDF, lengkap dengan screenshot yang akan memudahkan Anda dalam memahaminya. Silakan unduh secara gratis di link berikut: Cara Menyewa Hosting di HostGator (916 KB).

Semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya.

Related Posts:

No comments:

Post a Comment

jangan lupa follow blog ini,nanti saya follow back,budayakan tinggalkan komentar.