Saturday, 18 May 2013

Blogodolar Tips & News

Blogodolar Tips & News


Duel Blog Niche 6: Masuk Halaman 2 Google.com dan 4 Fakta Menarik Lainnya

Posted: 16 May 2013 02:26 PM PDT

Seperti yang Anda ketahui, Duel Blog Niche (DBN) adalah ajang belajar bersama dalam membangun sebuah blog niche dari awal dan mengoptimasinya dengan harapan masuk ke halaman 1 Google atau mesin telusur lainnya. Semua proses tersebut terbuka kepada publik sehingga publik bisa belajar dari kesuksesan atau kegagalan yang dialami peserta DBN.

Dengan spirit di atas, pada update DBN kali ini saya menginformasikan bahwa blog niche saya (tanklesswaterheaterreviews.biz) sudah masuk halaman 2 Google.com untuk kata kunci tankless water heater reviews. Selain itu, saya juga menginfromasikan 4 fakta menarik lainnya.

Detailnya sebagai berikut.

Masuk Halaman 2 Google.com

Seperti yang saya informasikan pada update Duel Blog Niche 5, blog niche saya masih betah di posisi 500+ Google.com. Posisi blog niche saya tersebut membuat saya “galau” karena link building yang saya lakukan terhadap blog niche tersebut di luar kebiasaan saya. Biasanya saya hanya melakukan 10 link building untuk blog-blog niche saya yang lain dan hasilnya memuaskan (masuk halaman 1 – 3 Google.com).

Apa yang salah dengan link building yang saya lakukan? Begitu gumam saya. Saya pun mengevaluasinya dan beberapa saat kemudian saya memutuskan menghentikan link building (capai tanpa hasil).

Seminggu kemudian, setelah saya membaca postingan Gus Adit mengenai Duel Blog Niche #5, saya mengecek posisi blog niche saya secara manual menggunakan browser Google Chrome. Secara mengejutkan blog tersebut masuk halaman 2 Google.com.

Ah, ini mungkin pengaruh cookies pada browser yang saya gunakan, pikir saya waktu itu. Saya lantas mengecek ulang posisi blog niche saya menggunakan fitur Rank Checker Long Tail Pro. Hasilnya tetap di posisi 500+. Mana yang benar?

Saya lantas meminta Gus Adit untuk mengonfirmasi posisi blog saya. Blogger asal Bali tersebut menginformasikan bahwa blog niche saya memang sudah masuk halaman 2 Google.com untuk kata kunci tankless water heater reviews.

Berikut adalah screenshot posisi blog niche saya (#18) yang saya ambil saat tulisan ini dibuat.

SERP Halaman 2

4 Fakta Menarik Lain

Tentunya saya senang dengan posisi blog niche saya sekarang. Selain senang, saya juga punya 4 fakta lain yang menarik bagi saya (dan mungkin Anda).

1. Title tag tidak bagus

Seperti yang Anda lihat pada screenshot di atas, title tag blog niche saya adalah best tankless water heater reviews. Ini tidak bagus. Mengapa?

Selain salah secara tata bahasa (judul harus menggunakan huruf besar di awal tiap kata), title tag tersebut tidak saya buat begitu. Title tag yang saya buat adalah Tankless Water Heater Reviews – Best Tankless Water Heaters Guide.

Lalu mengapa Google mengindeksnya seperti tertera pada screenshot di atas?

Saya lantas memeriksa title tag, meta description, dan keywords yang saya masukkan pada plugin All in One SEO Pack. Tercantum seperti berikut:

  • Title: Tankless Water Heater Reviews – Best Tankless Water Heaters Guide
  • Meta Description: A site that provides tankless water heater reviews. There is also useful guide to help you choose best tankless water heaters
  • Keywords: tankless water heater reviews, tankless water heater, best tankless water heaters

Saya tidak menemukan kata kunci best tankless water heater reviews di plugin tersebut. Dari mana kata kunci tersebut muncul?

Saya curiga frase tersebut berasal dari deskripsi logo yang saya sisipkan menggunakan plugin Genesis Simple Hook. Sekali lagi, best tankless water heater reviews tidak saya temukan di plugin tersebut.

Bingung…

Hari ini saya menghilangkan logo dan menghapus plugin Genesis Simple Hook. Apakah title tag berubah dalam beberapa hari ke depan? Let’s see together.

2. Alexa Rank di bawah 500 ribu

Blog niche saya berusia 2,5 bulan. Walaupun pengunjungnya uniknya hanya 10 per hari, Alexa Rank-nya sudah di bawah 500 ribu, hari ini tepatnya 458,315 (Anda bisa mengeceknya setiap saat di sini). Saya menduga faktor penyebabnya adalah kunjungan berulang dari pengunjung yang berasal dari Blogodolar.

3. Link NoFollow dari Blogodolar

Seperti yang Anda ketahui, saya memberikan atribut do follow untuk link-link keluar dari postingan Blogodolar. Selain karena bukan paid review, link-link tersebut murni untuk referensi pembaca.

Namun, link-link ke tanklesswaterheaterreviews.biz saya ubah dari do follow menjadi no follow (kira-kira 3 minggu lalu, silakan lihat postingan ini). Mengapa?

Saya berasumsi bahwa blog niche saya tersebut kena penalti Google sehingga posisinya betah di nomor 500+ akibat mendapat link dari Blogodolar. Apakah asumsi saya benar? Google lah yang tahu.

4. Backlink Do Follow dari Blog Comment

Berkomentar di blog-blog do follow merupakan salah satu strategi link building yang tidak efektif bagi blog-blog niche saya. Namun, dari pengamatan saya, teknik link building tersebut disukai Google Penguin. Faktanya, saya melihat puluhan blog-blog yang masuk halaman satu Google dengan teknik berkomentar di blog/situs do follow.

Saya lantas bereksperimen menerapkan teknik tersebut di tanklesswaterheaterreviews.biz. Mungkin teknik link building inilah yang membawa blog niche saya masuk halaman 2 Google.com.

Apakah teknik ini akan aman dari Goggle Penguin 2.0 yang akan digulirkan beberapa pekan mendatang? Entahlah…

Sebagai penutup, saya gembira dengan posisi tanklesswaterheaterreviews.biz sekarang ini, sekaligus cemas karena link building yang saya lakukan (terutama teknik blog comment do follow) di luar kebiasaan saya.

Related Posts:

No comments:

Post a Comment

jangan lupa follow blog ini,nanti saya follow back,budayakan tinggalkan komentar.