Thursday, 30 May 2013

Blogodolar Tips & News

Blogodolar Tips & News


3 Keuntungan Melakukan Trial and Error Dalam Membangun Blog

Posted: 28 May 2013 01:37 PM PDT

Ini adalah postingan tamu Ibrahim Sukman dari rasablogger.com. Jika Anda tertarik menjadi blogger tamu di Blogodolar, silakan lihat panduannya di sini.

Dalam sebuah tayangan video di akun YouTube-nya, Lisa Irby, blogger Amerika yang sukses dengan mendapatkan puluhan ribu dolar dari blognya mengatakan bahwa trial and error merupakan faktor utama penunjang keberhasilannya. Salah satu trial and error yang ia lakukan adalah dengan cara mengoptimalisasi penempatan iklan google adsense di blognya. Selain penempatan, Lisa juga melakukan trial and error dalam memilih ukuran iklan google adsense yang ia pasang di blognya.

Pada awalnya ia selalu berganti-ganti menempatkan iklan dengan berbagai ukuran. Dari aktivitas berganti-ganti penempatan dan ukuran iklan Google AdSense-nya itulah, Lisa sekarang sudah menetapkan satu pilihan di mana cara terbaik menempatkan iklan google adsense, dan jenis ukuran iklan Google AdSense yang telah terbukti membuatnya selalu menerima cek lebih dari $8.000 per bulannya.

Begitu juga dengan Yaro Starak. Blogger Australia ini tidak akan pernah menuliskan ebook Blog Profit Blueprint jika saja ia tidak melakukan trial and error. Ebook tersebut berisi pengalaman Yaro Starak dalam melakukan trial and error pada blognya hingga kemudian dari aktivitas ini, ia terbukti sukses dengan mendapatkan penghasilan lebih dari $10.000 per bulan dari blognya.

Apakah Anda menghindari trial and error dalam membangun blog?

trial and errorJika ya, sayang sekali Anda melewatkan satu tahap yang akan membuat Anda sukses dalam dunia blogging. Sebab, sejatinya trial and error merupakan satu fase di mana harus dialami, dan bukan dihindari oleh seorang blogger. Faktanya sudah jelas. Lisa Irby, Yaro Starak, atau mungkin Anda tahu Darren Rowse, dan John Cow, adalah deretan nama-nama blogger yang sukses dari trial and error.

Lalu pelajaran apa yang dapat kita ambil dari aktivitas trial and error para blogger sukses tersebut?  Menurut saya, dengan melakukan trial and error dalam membangun blog, Anda akan mendapatkan setidaknya tiga keuntungan di bawah ini:

1. Anda Bisa Menjadi Ahli di Bidangnya

Dengan melakukan trial and error, Yaro Starak menjadi ahli dalam bidang membagun blog untuk mendapatkan penghasilan. Lisa Irby menjadi ahli dalam memaksimalkan pendapatan dari google adsense. Nah, barangkali Anda akan menjadi seorang ahli affiliator untuk produk-produk lokal yang sukses jika Anda tidak menghindari trial and error. Atau barangkali Anda melakukan trial and error dalam membuat template blog misalnya, maka niscaya Anda akan menjadi master di bidang pembuatan template blog.

2. Anda Akan Mendapat Pelajaran Yang Sebenarnya

Kenapa anak kecil selalu tidak percaya bahwa cabai itu rasanya pedas sebelum ia merasakannya sendiri? Saya kira ini adalah analogi yang tepat dari apa yang saya maksud dengan kalimat mendapatkan pelajaran yang sebenarnya.

Ada seorang blogger yang mengatakan bahwa dengan memasang widget ini dan widget itu akan memberatkan loading blog Anda. Tentu Anda akan mengamini pernyataan tersebut jika Anda benar-benar memasang widget tersebut di blog Anda. Atau bahkan menyangkalnya. Sebab, setelah Anda memasang widget-widget tersebut di blog Anda, ternyata tidak berpegaruh pada kecepatan loading blog Anda. Inilah pelajaran yang sebenarnya.

3. Anda Akan Mendapatkan Motivasi Dari Anda Sendiri

Dalam sebuah pelatihan ESQ, seorang mahasiswa baru menangis sejadi-jadinya karena merasa betapa bersalahnya ia kepada ibunya. Ia bersumpah di dalam forum pelatihan tersebut bahwa ia tidak akan melakukan kesalahan lagi kepada ibunya. Sehari, dua hari, bahkan seminggu kemudian, ia malah menertawakan cara dia menangis di dalam forum pelatihan tersebut bersama teman-temannya.

Apa yang dapat Anda simpulkan dari peristiwa tersebut? Ya, itulah motivasi sesaat yang berasal dari luar diri Anda. Motivasi dari luar Anda ini sesungguhnya penting. Akan tetapi biasanya motivasi jenis ini selalu cepat meninggalkan keinginan kuat Anda untuk sukses membangun blog.

Cobalah Anda tidak berhenti melakukan trial and error dalam membangun blog sampai Anda mendapatkan bukti keberhasilan dari aktiviatas tersebut. Lalu rasakanlah perbedaan antara motivasi dari keberhasilan Anda sendiri dengan motivasi dari keberhasilan orang lain yang Anda dengar atau Anda baca.

Sebenarnya masih banyak varian keuntungan dari aktivitas trial and error dalam membangun sebuah blog. Namun, saya hanya menuliskan tiga substansi yang tentu saja berasal dari pengalaman saya sendiri selama melakukan trial and error dalam membangun blog.

Sekali lagi, jika Anda sudah sepakat bahwa trial and error adalah satu hal yang memang harus dijalani dan bukannya dihindari, maka janganlah pernah berhenti untuk melakukannya. Lakukan secara terus menerus hingga Anda mendapatkan formula yang Anda anggap cocok dan terbukti mendatangkan keuntungan secara material dan nonmaterial.

Ibrahim Sukman adalah blogger pemula asal Purbaligga Jawa Tengah. Ia baru mampu menggunakan separuh waktunya untuk mendedikasikan blog tempat kerjanya di www.rasablogger.com dan sedang melakukan trial and error untuk memutuskan menjadi seorang full time blogger.  

Related Posts:

No comments:

Post a Comment

jangan lupa follow blog ini,nanti saya follow back,budayakan tinggalkan komentar.