Thursday, 9 May 2013

Blogodolar Tips & News

Blogodolar Tips & News


Laporan Penghasilan Bulanan Saya – April 2013

Posted: 08 May 2013 09:51 AM PDT

Selamat datang di laporan penghasilan April 2013 saya. Setiap bulan saya memublikasikan laporan penghasilan dengan tujuan memotivasi saya agar terus berusaha meningkatkan penghasilan dan (mungkin) memotivasi Anda juga yang sama-sama bergelut di dunia ngeblog.

Selain itu, saya juga ingin memberikan gambaran kepada Anda senyata-nyatanya bahwa beginilah saya, seorang full time blogger yang tergila-gila ngeblog dan sedang berjuang menuju penghasilan yang layak.

Jika Anda blogger baru dan pertama kali berkunjung ke sini, saya tekankan bahwa besar kecilnya penghasilan saya merupakan hasil kerja keras dan doa. Bukan dari hasil tipu-tipu. Bukan pula dari hasil ongkang-ongkang kaki seperti suap kuota daging impor yang memalukan dan menyebalkan itu.

Huh…

Sebelum ke rincian penghasilan, seperti biasa saya akan memaparkan beberapa hal yang menjadi perhatian saya di bulan April lalu.

1. Jadi Pembicara

Pada 27 April lalu saya menjadi salah seorang pembicara di sebuah coaching yang berlangsung di Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar. Acara ini disponsori oleh sebuah perusahaan asal Jakarta yang bergerak di bisnis booking hotel secara online.

Ini adalah kali kedua saya menjadi pembicara di kampus tersebut. Kali pertama adalah saat saya menjadi pembicara di sebuah seminar bertema make money online yang diselenggarakan pada 15 Desember 2012.

Materi yang saya bawakan pada kedua acara tersebut relatif sama, yaitu bagaimana menulis artikel yang baik. Bedanya adalah saya tidak menerima honor saat menjadi pemateri di acara make money online, sementara di acara booking hotel secara online saya diberi honor.

Terlepas dari itu, menjadi pemateri di kedua acara tersebut adalah pengalaman baru sekaligus menyenangkan bagi saya karena saya bisa share sedikit ilmu yang saya miliki. Selain itu, saya juga rada lebay melihat foto saya terpampang di baliho besar yang ditempatkan tepat di depan pintu masuk utama Unhas.

TickTab Coaching

Lebay karena saya tercantum sebagai CEO Blogodolar Media. Yup, direktur utama perusahaan yang masih ada di angan-angan saya.

2. Infolinks

Seperti yang Anda ketahui, saya membuat buzz dengan memposting pembayaran kedua saya dari Infolinks sebesar $2.682,34. Postingan ini cukup menghebohkan. Bahkan, beberapa orang menyebut saya “mastah”Infolinks sehingga ingin tips-tips Infolinks dari saya.

Saya berjanji akan share tips-tips tersebut dalam bentuk ebook, namun saya menundanya. Baca alasannya di postingan ini.

Terlepas dari itu, penghasilan saya dari Infolinks bulan April 2013 merupakan penghasilan terendah sepanjang saya mengikuti program PPC ini. Silakan lihat dua buah grafik di bawah ini terlebih dahulu sebelum saya menjelaskan alasan utama penurunannya.

grafik pageviews Infolinks

grafik penghasilan infolinks

Seperti yang Anda lihat, tren kedua grafik di atas hampir sama. Jadi, jelas bahwa faktor utama penyebab turunnya penghasilan saya dari 4 digit ke 3 digit adalah trafik yang melorot secara signifikan akibat Google Panda dan Penguin.

Tapi, mengapa penghasilan tidak naik padahal page views naik dari Januari-Maret 2013?

Hal ini karena blog utama saya terus turun trafiknya sementara blog-blog lain naik trafiknya. Sebagai informasi, penghasilan saya dari Infolinks 90% berasal dari blog utama tersebut. Parahnya lagi, sejak awal April 2013 blog tersebut posisinya melorot tajam dari posisi 9 ke posisi 110 Google.com sehingga berimbas ke penghasilan Infolinks bulan April.

Blog utama tersebut tidak saya update sejak Agustus 2012. Tidak pula diberi backlink.

Mengapa? Saya malas karena blog itulah yang menjadi penyebab akun Google AdSense saya di-banned. Saya mengetahuinya karena dari data Google Analytics blog tersebut ada kunjungan dari IP komputernya tim Google AdSense.

3. Menjual blog niche

Pada bulan lalu untuk pertama kalinya saya menjual 2 buah blog niche. Harga jualnya sangat memuaskan sehingga semangat saya berkobar-kobar untuk membangun blog niche lebih banyak lagi untuk dijual 4-5 bulan kemudian. Mudah-mudahan tidak ada aral melintang sehingga ini bisa menjadi “jalan terang” bagi saya.

Terlepas dari itu, jika Anda belum membaca kisah saya menjual blog niche tersebut, silakan baca di postingan Dua Blog Niche Saya Laku Seharga $2.598 Melalui Private Sale.

Rincian Penghasilan dan Biaya

Berikut adalah rincian penghasilan yang saya peroleh di April 2013.

  • Infolinks: $255,44
  • Google Adsense: $88,16
  • LinkWorth: $14
  • Fiverr: $20
  • Text Link Ads: $0,44
  • Penjualan blog niche: $2.497,14
  • Honor jadi pembicara: $105
  • iWriter: $4,6 (simak cara memesan artikel di iWriter)
    • Penghasilan total=$2.619,78

Biaya yang saya keluarkan adalah sebagai berikut:

Alhamdulillah…

Related Posts:

No comments:

Post a Comment

jangan lupa follow blog ini,nanti saya follow back,budayakan tinggalkan komentar.