Sunday, 16 June 2013

Blogodolar Tips & News

Blogodolar Tips & News


15 Plugin yang Saya Gunakan di Blogodolar

Posted: 14 Jun 2013 02:47 PM PDT

Berapa banyak plugin yang harus digunakan di sebuah blog WordPress shelf-hosting? Beberapa orang menyarankan untuk menggunakan maksimal 10 plugin supaya tidak memberatkan loading blog. Saya berusaha menerapkan saran tersebut di Blogodolar, namun saya tidak bisa karena butuh lebih dari 10 plugin.

Mengapa? Karena saya sesuaikan dengan kebutuhan dan theme Genesis yang saya gunakan di blog ini.

Di bawah ini adalah 15 plugin yang saya gunakan di Blogodolar (urutannya berdasarkan abjad). Mudah-mudahan ada plugin yang berguna untuk blog WordPress Anda.

1. Akismet

Digunakan oleh jutaan orang, Akismet berguna memproteksi blog dari komentar dan trackback spam. Aktivasi plugin ini menggunakan Akismet API Key yang bisa diperoleh dari blog WordPress.com. Sayangnya, Akismet belum mampu menangkap 100% komentar spam, terutama dari spambot (komentar spam yang dikirimkan software tertentu secara bombastis).

2. All In One SEO Pack

All in One SEO Pack adalah plugin buatan Michael Torbert yang berfungsi mengoptimasi blog WordPress untuk mesin pencari. Optimasi ini biasanya dilakukan pada bagian judul dan deskripsi homepage dan atau post/page. Bagi blog WordPress yang pengunjung hariannya di atas 30.000, plugin ini tidak cocok karena boros menggunakan CPU hosting (2.000 lines dari code per page load/view)

3. Broken Link Checker

Broken Link Checker akan memeriksa link-link di postingan, page, komentar, dan gambar. Jika ada link-link yang rusak (broken links), plugin ini akan memberitahukannya. Yang Anda lakukan adalah memperbaiki atau menghilangkan link-link tersebut. Saya menggunakan plugin ini karena banyak sekali link-link yang rusak akibat terhapusnya sekitar 200 postingan Blogodolar.

4. Clean Archives Reloaded

Halaman arsip yang menyajikan semua postingan berdasarkan urutan bulan dan tanggal merupakan salah satu favorit saya. Awalnya arsip seperti ini saya buat menggunakan plugin WP-Archives 0.8. Sayangnya, plugin tersebut lama tidak diperbaharui oleh penciptanya sehingga menimbulkan bug di blog yang menggunakan WordPress versi 3.5 ke atas.

Problem ini cukup lama menghadang saya. Cara yang diinformasikan Daniel Scocco tidak bisa saya terapkan karena keterbatasan saya dalam kode PHP. Setelah mencoba beberapa plugin arsip, saya akhirnya menggunakan Clean Archives Reloaded. Ada beberapa bagian plugin ini yang saya edit sehingga tampilan arsip sesuai yang saya harapkan. Lebih jelasnya silakan Anda lihat Halaman Arsip Blogodolar.

5. Contact Form 7

Awalnya halaman kontak saya buat menggunakan plugin WP-Contact. Seperti plugin WP-Archives 0.8, plugin ini tidak berfungsi baik di WordPress versi 3.5 ke atas karena sebuah pesan yang dikirimkan pembaca menjadi 3 buah. Saya mengganti plugin tersebut dengan plugin Contact Form 7 yang tampilannya tetap sederhana dan memiliki fitur bermanfaat (contohnya quiz penangkal spam). Silakan Anda lihat Halaman Kontak Blogodolar untuk lebih detailnya.

6. Digg Digg

Digg Digg adalah plugin keren untuk menampilkan tombol-tombol berbagi dari beragam media sosial seperti Twitter, Facebook, Google+, Linkedin, dan sebagainya. Penampilannya bisa di dalam postingan (atas atau bawah) atau melayang di sisi blog.

7. Efficient Related Posts

Postingan terkait adalah salah satu bagian penting untuk meningkatkan page view blog. Awalnya saya membuat bagian tersebut menggunakan plugin WP Related Posts. Tampilan dari versi terbaru plugin ini tidak menarik bagi saya sehingga saya menggantinya dengan plugin Efficient Related Posts yang penggunaannya mirip dengan plugin WP Related Posts.

8. Genesis Favicon uploader

Ketika menggunakan theme ProSense, favicon Blogodolar dipasang secara manual dengan menambahkan kode tertentu di header.php. Namun, cara ini tidak bisa saya terapkan di theme Genesis karena tidak ada header.php. Saya sudah mencoba mengganti favicon bawaan Genesis dengan mengunggah favicon di server hosting yang saya gunakan, namun tidak berhasil (saya tidak tahu kenapa). Untuk mengatasi problem ini, saya akhirnya menggunakan plugin Genesis Favicon uploader.

9. Genesis Simple Hooks

Genesis Simple Hooks saya gunakan untuk menampilkan logo. Saya menggunakannya karena child theme Prose yang saya gunakan tidak memiliki fitur untuk menampilkan logo.

10. Google XML Sitemaps

Google XML Sitemaps akan membuat sebuah sitemap (peta situs) XML khusus yang akan membantu mesin pencari mengindeks blog WordPress lebih baik. Saya tidak menyetel fitur-fitur plugin ini, hanya membuat sitemap saja.

11. Growmap Anti Spambot Plugin

Growmap Anti Spambot Plugin berguna memberantas spambot dengan menambahkan sebuah kotak periksa untuk mengonfirmasi bahwa komentator bukan spambot. Seperti halya Akismet, plugin ini belum mampu 100% memberantas spambot.

12. Polldaddy Polls & Ratings

Polldaddy Polls & Ratings berfungsi membuat poling dan penilaian dengan rentang waktu tertentu (misalnya satu minggu). Cara menggunakan plugin ini bisa Anda lihat di Cara Membuat Poling di Postingan WordPress. Adapun contoh tampilan hasil polingnya bisa Anda lihat di Poling: Browser Apa yang Anda Gunakan?

13. Pretty Link Lite

Pretty Link Lite adalah plugin keren untuk mengubah URL afiliasi berbasis domain Anda sendiri (contohnya http://www.blogodolar.com/iWriter yang mengubah link afliasi saya di iWriter). Ini berbeda dengan penyingkat URL lain seperti tinyurl.com, bit.ly, dan goo.gl. Selain menghasilkan link yang menarik, Pretty Link Lite juga menyediakan laporan detail dari setiap link afiliasi.

14. W3 Total Cache

W3 Total Cache adalah plugin untuk mempercepat loading blog. Direkomendasikan beberapa penyedia hosting dan blogger ternama, plugin ini meningkatkan kinerja server dengan membuat cache untuk browser, page, object, database, dan minify. Selain itu, plugin ini juga mendukung integrasi content delivery network (CDN).

15. WP-Optimize

WP-Optimize adalah plugin efektif untuk merapikan dan mengoptimasi database blog WordPress Anda. Selain itu, plugin ini bisa juga digunakan untuk menghapus revisi postingan dan komentar spam yang ditangkap Akismet hanya dengan sekali klik.

Pada postingan selanjutnya saya akan menginformasikan cara menggunakan beberapa plugin di atas. Stay tuned here!

Related Posts:

No comments:

Post a Comment

jangan lupa follow blog ini,nanti saya follow back,budayakan tinggalkan komentar.