Wednesday, 5 June 2013

Blogodolar Tips & News

Blogodolar Tips & News


Laporan Penghasilan Bulanan Saya – Mei 2013

Posted: 04 Jun 2013 08:36 AM PDT

Selamat datang di laporan penghasilan Mei 2013 saya. Setiap bulan saya memublikasikan laporan penghasilan ini dengan tujuan memotivasi saya dan (mungkin) Anda yang sama-sama bergelut di dunia ngeblog. Selain itu, saya juga ingin memberikan gambaran kepada Anda senyata-nyatanya bahwa beginilah saya, seorang full time blogger yang tergila-gila ngeblog dan sedang berjuang menuju penghasilan yang layak.

Sebelum ke rincian penghasilan dan biaya, terlebih dahulu saya akan memaparkan beberapa hal yang menjadi perhatian saya bulan lalu.

1. Logo , Title Tag, dan Meta Description Baru

Blogodolar berusia 4 tahun pada 31 Mei 2013 lalu. Pada hari tersebut tadinya saya akan membuat tulisan mengenai refleksi 4 tahun saya ngeblog. Namun, saya mengurungkannya karena saya pikir akan lebih baik kalau saya menulis hal tersebut tahun depan saat blog ini berusia 5 tahun, sekaligus fase pertama karir saya sebagai blogger.

Tak ingin melewatkan hari spesial ini, saya pun berpikir untuk mengubah logo blog ini. Saya lantas membuat sekitar 4 logo dan memasangnya di header blog ini. Dari empat logo tersebut, logo versi terakhirlah (tertera di header sekarang) yang mengejawantahkan konsep saya yaitu sederhana dan elegan. Saya berharap ini adalah logo terakhir dan tak ingin mengubahnya lagi.

Selain logo, sekitar 2 minggu lalu saya juga mengubah title tag (judul yang tertera di browser) dan meta description (deskripsi yang muncul di hasil penelusuran) Blogodolar. Title tag lama diubah karena kepanjangan, sedangkan meta description lama diubah karena kurang menjual. Adapun title tag dan meta description baru lebih aktual dan menjual.

Detailnya sebagai berikut:

Title tag lama:

Tips Ngeblog untuk Membantu Anda Menghasilkan Dolar Lewat Blog | Blogodolar.com

Meta description lama:

Blog tentang tips-tips ngeblog, strategi ngeblog, tips menulis, mindset ngeblog, tips wordpress, tips trafik, tips SEO, dan tips mendapat dolar lewat blog.

Title tag baru:

Tips Ngeblog dari Seorang Full Time Blogger

Meta description baru:

Sebuah blog yang berisi tips-tips ngeblog sederhana dan bermanfaat untuk membantu Anda mendapatkan dolar dari ngeblog.

2. Google AdSense

Penghasilan saya dari Google AdSense bulan April 2013 adalah $88,16. Ada dua faktor penyebabnya yaitu penjualan dua blog niche seharga lebih dari $2.000 dan failed crawl request.

Faktor terakhir ini adalah robot Google AdSense tidak mampu mengakses beberapa blog niche saya sehingga iklan Google AdSense yang tampil tidak relevan dengan konten blog. Hal ini menurunkan click-through rate (CTR) dan penghasilan.

Penjelasan yang tertera di akun Google AdSense saya sebagai berikut:

Our crawler was unable to access your page to determine its content and display relevant ads. When our crawler can't access the content, often we won't show ads resulting in lower revenue and coverage. Other times, we'll show ads that are irrelevant resulting in lower CTR. Follow the links in the 'How to fix.' column to correct these errors and improve AdSense performance.

Penyebab error ini adalah halaman yang tidak ditemukan (page not found) dari plugin WhyDoWork AdSense yang saya gunakan untuk menempatkan iklan-iklan Google AdSense di blog-blog niche saya. Setelah googling, saya mengganti plugin tersebut dengan plugin Quick Adsense di awal Mei 2013.

Alhamdulilah error tersebut hilang dan penghasilan pun meningkat dari $88,16 menjadi $280,27. Padahal jumlah blog niche saya tetap karena blog-blog baru saya yang dibuat bulan April dan Mei 2013 belum saya pasangi iklan Google AdSense.

Screenshot penghasilan tersebut bisa Anda lihat di bawah ini (klik gambar agar lebih jelas).

Penghasilan Google AdSense Mei 2013

Sayangnya, error page not found muncul lagi hari ini di akun Google AdSense saya. Pemberitahuannya seperti di bawah ini.

Error GA

Saya belum memperbaikinya karena tidak tahu harus bagaimana memperbaikinya. Halaman yang tidak ditemukan tersebut aneh sekali karena berupa URL seperti ini http://www.nicheblogsaya.com/http:/www.nicheblogsaya.com (URL ini hanya contoh saja karena saya mengubah alamat blog niche saya yang sebenarnya).

3. Duel Blog Niche

Saya menargetkan blog niche saya mengenai tankless water heater masuk halaman satu Google.com pada awal Juli 2013 nanti. Beruntungnya bagi saya, blog niche tersebut sudah masuk halaman 1 Google.com pada 28 Mei 2013. Jika Anda belum membaca postingan saya mengenai hal ini, silakan lihat Duel Blog Niche 7: Masuk Halaman 1 Google.com. Semoga saja posisi blog niche saya itu memompa semangat peserta lain.

Berbicara mengenai peserta duel blog niche, saya heran dengan peserta terakhir. Dia awalnya menggebu-gebu berpartisipasi, namun sudah dua bulan dia tidak memberikan informasi terakhir mengenai blog nichenya. Malah home page blognya tempat meng-update keiuktsertaannya ia ubah menjadi sales page.

Saya tidak akan mengeluarkannya dari peserta, namun saya meyerahkan kepada Anda untuk menilai peserta tersebut. Saya berharap ia membaca postingan ini dan berkomitmen menjalani duel blog niche ini.

Rincian Penghasilan dan Biaya

Berikut adalah rincian penghasilan yang saya peroleh di Mei 2013.

Biaya yang saya keluarkan adalah sebagai berikut:

Alhamdulilah…

Related Posts:

No comments:

Post a Comment

jangan lupa follow blog ini,nanti saya follow back,budayakan tinggalkan komentar.