Tuesday, 11 June 2013

O-OM.COM | Blogger Tutorial Plus Blogger Templates

O-OM.COM | Blogger Tutorial Plus Blogger Templates

Link to Blogger Tutorials+

Mengatasi Duplikasi Meta Tag Deskripsi pada Halaman Post

Posted: 10 Jun 2013 06:47 AM PDT

Hampir 2 tahun lebih saya tidak ngeblog ternyata tampilan Dashboard Blogger banyak yang berubah ya, terus terang pertama saya juga bingung melihatnya, meski tangan sampai keriting otak-atik sana sini dan  ternyata banyak juga fiitur baru yang membuat Platform Blogger semakin canggih saja. Dan yang paling menarik sempat mencuri perhatian saya yaitu adanya setingan pada Meta Tag Deskripsi dimana kita di bebaskan memasukan secara manual setiap deskripsi pada halaman postingan, ini sungguh perubahan besar tidak seperti 2 tahun lalu :)

Ok kembali pada bahasan utama.Jika diperhatikan Blogger memang sudah menanam item Meta Tag Deskripsi ini pada halaman postingan, nah yang jadi masalah bagaimana jika kita tetap ingin mempertahankan Meta Tag Deskripsi yang lama tanpa harus melakukan editing manual semua postingan kita, bayangkan saja semisal ada 500 artikel yang sudah kalian publikasikan, apa mau ngeditnya satu-persatu hehehe...Alangkah baiknya jika kalian hanya menempatkan Meta deskipsi tersebut hanya pada postingan terbaru saja dan membiarkan deskripsi postingan kalian tetap menggunakan deskripsi yang lama.

Kode dibawah ini dapat langsung digunakan untuk menangani masalah Duplikasi Meta Tag Deskripsi:

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<!-- Title Halaman Utama -->
<title><data:blog.pageTitle/> | JudulBlog</title>
<!-- Desc Halaman utama -->
<meta content='bla..bla..bla...' name='description'/>
<b:else/>
<!-- Title Halaman Post -->
<title><data:blog.pageName/> - JudulBlog</title>
<!-- Deksripsi post aktif -->
<b:if cond='data:blog.metaDescription'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' itemprop='description'/>

<b:else/>
<!-- Tampilkan jika Desc Halaman post tidak aktif-->
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; bla..bla..bla...&quot;' name='description'/>
</b:if>
</b:if>


Saya beri penjelasan cara kerjanya, lihat warna merah diatas itu yang akan menangani masalah Meta Deskripsi pada blog kalian, sebelum kalian memasangnya pastikan jika ingin postingan kalian menggunakan Meta Deskripsi yang lama maka pada halaman postingan Meta Deskripsinya dibiarkan kosong saja, sedangkan jika kalian ingin menambahkan Meta Deskripsi terbaru pada postingan maka kode diatas secara otomatis akan langsung menampilkan Deskripsi sesuai dengan input kalian yang ada pada postingan. Oh iya jika kalian menggunakan meta deskripi pada halaman utama (index) langsung pada item Dashboard Blogger silahkan hapus saja meta deskripsi yang berwarna pink diatas.

Kalian pasti bingung kenapa gak ada meta keywordnya? ini RAHASIA SEO 2013 Boss... saya pribadi juga sudah mengabaikannya :)

No comments:

Post a Comment

jangan lupa follow blog ini,nanti saya follow back,budayakan tinggalkan komentar.