Wednesday, 31 July 2013

Dunia Info | Dunia Penuh Informasi

Dunia Info | Dunia Penuh Informasi


Pengertian pendidikan - definisi pendidikan menurut para ahli

Posted: 30 Jul 2013 08:39 PM PDT

Pengertian pendidikan - pendidikan merupakan usaha untuk mendapatkan pengetahuan baik itu secara formal melalui sekolah maupun secara informal dari pendidikan di dalam rumah tangga. Untuk mengetahui secara pasti apa arti dan tujuan pendidikan ini hendaknya kita melihat bagaimana para ahli mendefinisikan kata pendidikan ini.

Berbagai arti pendidikan yang dikemukakan para ahli


Pengertian pendidikan menurut Prof. Herman H. Horn

Pendidikan adalah proses abadi dari penyesuaian lebih tinggi bagi makhluk yang telah berkembang secara fisk dan mental yang bebas dan sadar kepada Tuhan seperti termanifestasikan dalam alam sekitar, intelektual, emosional dan kemauan dari manusia.

Pengertian pendidikan menurut M.J. Langeveld

Standar dari pendidikan adalah setiap pergaulan yang terjadi antara orang dewasa dengan anak-anak merupakan lapangan atau suatu keadaan dimana pekerjaan mendidik itu berlangsung.

Pengertian pendidikan menurut Prof. Dr. John Dewey

Konsep dari pendidikan adalah suatu proses pengalaman. Karena kehidupan adalah pertumbuhan, pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan ialah proses menyesuaikan pada tiap-tiap fase serta menambahkan kecakapan di dalam perkembangan seseorang.

Pengertian pendidikan menurut Prof. H. Mahmud Yunus

Inovasi pendidikan adalah usaha-usaha yang sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak dengan tujuan peningkatan keilmuan, jasmani dan akhlak sehingga secara bertahap dapat mengantarkan si anak kepada tujuannya yang paling tinggi. Agar si anak hidup bahagia, serta seluruh apa yang dilakukanya menjadi bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.

Pengertian pendidikan menurut wikipedia

Fungsi Pendidikan adalah untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Pengertian pendidikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1991)

Sistem Pendidikan diartikan sebagai proses pembelajaran bagi individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai obyek-obyek tertentu dan spesifik. Pengetahuan tersebut diperoleh secara formal yang berakibat individu mempunyai pola pikir dan perilaku sesuai dengan pendidikan yang telah diperolehnya.

Dari definisi yang di kemukakan beberapa tokoh diatas maka kita dapat mengambil kesimpulan yang sama namun dalam kata yang berbeda-beda tergantung persepsi dan perspektif anda melihat pendidikan itu sendiri. Yang jelas bahwa dasar pendidikan merupakan usaha untuk mencari ilmu pengetahuan yang dilakukan secara sadar.

Puisi Cinta - Tentang Kita

Posted: 30 Jul 2013 06:12 PM PDT

Berikut ini adalah sebuah puisi cinta untuk kekasih yang bisa anda baca untuk menghayati arti cinta sesungguhnya.

TENTANG KITA
oleh Mutiara Biru Rara

Katamu menggema direlung hatiku
Hayalku pada angan biru kita
Katamu mengusik relung kalbuku
Anganku terbawa mesra
Maknamu semua untuk kita
Maknaku semua rasa kita
Warna indah kita
Menyatu dalam kanvas cinta
Aku padamu engkau untukku
Pada jalan kasih kita
Suci hatimu warnai kemilau mutiaraku
Bait syairku selalu dan tetap untuk kita
Merangkai indah cerita kita
Melangkah pada mahligai indah

Cinta kita.....:::

artikel terkait :
puisi cinta - saat pertama
puisi cinta - keabadian cintaku
puisi cinta - janji selamanya

Cerita Pendek - Ada Pesan Dari Mbok

Posted: 30 Jul 2013 06:06 PM PDT

Postingan dibawah ini adalah lanjutan cerita pendek lucu yang akan terus di update di blog ini. silahkan disimak.

Ada Pesan Dari Mbok
Seorang gadis desa yg lugu hendak merantau ke kota. Sebelum berangkat ibunya menyampaikan pesan. Nduk kalau kamu ke kota dan kebetulan dpt jodoh disana, ini ada pesan dari mbokmu untuk mencari jodoh yang baik :

1. Carilah pasangan yang setia.
2. Pasangan kamu harus bisa mengelola uang.
3. Calon kamu itu harus perjaka ting-ting.

Berangkatlah sang gadis ke kota. dan beberapa bulan kemudian dia kembali ke desanya untuk meminta doa restu ingin menikah. Mbok.., saya sudah ketemu jodoh dengan syarat seperti yang mbok sampaikan kepada saya.

Sang gadis menceritakan kpd si mbok ttg pacarnya. "Waktu itu kami berjalan-jalan keliling kota. Dia selalu saja menggandeng dan membelai2 saya dengan mesra bukankah itu tanda pasangan yang setia?

Si mbok mengangguk tanda setuju. Kemudian karena kemalaman dan kehujanan kami mencari tempat berteduh dan menginap, pacar saya ini bilang, "Dik kita nginep saja di hotel, dan untuk menjaga agar perjalanan kita tetap cost effective bagaimana kalau kita hanya menyewa 1 kamar saja??". Bukankah pacar saya orangnya hemat mbok? Untuk kedua kali si
mbok mengangguk dengan sedikit keraguan. Dan akhirnya mbok.., saya tahu kalau pacar saya itu masih perjaka ting-ting. Langsung si mbok mendelik; "dari mana kamu tahu bahwa dia masih perjaka ting-ting ?".
Sang gadis langsung menjawab, "mmm . anunya masih baru.masih dibungkus plastik, mbok!

Cerpen Romantis - Cinta Sejati

Posted: 30 Jul 2013 05:47 PM PDT

Berikut ini adalah sebuah cerpen cinta romantis untuk melengkapi kumpulan cerpen romantis di blog ini. Silahkan disimak ....

Cinta Sejati
Karya Dina Pertiwi

Cinta sejati. Apakah kalian percaya akan itu? Akan "Cinta Sejati" yang konon katanya dimiliki oleh semua orang? Cinta yang katanya sangat indah dan menyenangkan? Mitos cinta sejati yang terus menerus melolong dihatiku.
***

Kupandangi bingkai biru di tepi tempat tidurku. Aku tersenyum menatap benda yang ada didalam bingkai itu.

Bukan sebuah foto ataupun lukisan. Hanya sebuah kertas lusuh. Kertas catatan PKN yang aku robek dari buku miliknya 2 tahun lalu saat perpisahan SMP. Dia sama sekali tidak tahu aku merobek buku catatanya. Bahkan, mungkin dia tidak mengenalku. Aku hanya satu dari ratusan penggemarnya di sekolah.


Dia bukan artis. Dia adalah siswa tampan dan cerdas di sekolahku. Dia kaya dan pintar dalam bidang olahraga. Sifatnya yang cuek justru menjadi daya tarik bagi para kaum hawa, termasuk aku. Tapi, bisa dibilang, aku tidak terlalu menunjukkan diri bahwa aku menyukainya. Terbukti. Aku tidak pernah menyapa ataupun menegurnya. Aku menyukainya lewat diam.

Bahkan, robekan catatan PKN itu aku ambil diam- diam untuk kenang- kenanganku karena aku tahu dia akan melanjutkan study ke L.A.

Aku kembali tersenyum manis saat melihat robekan catatan itu. Orang bilang, apapun itu, jika memang jodoh, maka dia akan kembali lagi dan lagi. Dan aku percaya dia akan kembali kulihat.

Aku mengeluarkan kertas itu dari bingkainya. Kupeluk- peluk dan kubelai. Ku ajak tertawa dan tersenyum.

Gila. Konyol memang. Setelah puas dengan kegiatanku itu, aku meletakkan kertas itu di atas meja belajarku. Dan...
Syuuuut...
Angin bertiup menerbangkan kertas kenangan itu keluar jendela dan jatuh dipekarangan. Dengan sigap aku keluar rumah dan mengejar kertas itu. Itu adalah satu- satunya milikku yang mampu membuatku mengingatnya.

Saat aku hampir mendapatkanya, angin kembali meniupnya menjauhiku. Argh! Angin ini! Batinku kesal.

Aku kembali mengejar kertas itu. Dan saat aku hampir mendapatkannya kembali...
"Argh!! Sial banget sih?! Malah keinjek lagi!" seruku kesal saat tahu kertas itu di injak seseorang. Orang itu mengambil kertas yang ada di injakannya itu. Aku masih menatap jalanan berdebu dengan kesal.
"Jadi, daritadi kamu ngejar kertas ini ya?" ucap orang itu. Suara bariton yang ku kenal. Ku tengadahkan kepalaku menatap wajah dari si pemilik suara.

DEG!!!
Di... Diakan? Diakan pemilik kertas itu sebenarnya? Vigo. Cowok tampan, keren dan pintar itu... Bagaimana bisa?
"Ma... af. Aku ngerobek kertas itu...."
"gapapa kok Dina. Beneran deh gapapa. Karena, aku juga udah foto kamu diam- diam waktu itu." akunya padaku. Dia... Tau namaku?
"foto?! Diem- diem?"
"Lebih baik, kita nostalgianya ditaman aja deh." ucapnya sambil menarik tanganku ke taman.
***

Aku tidak percaya dengan apa yang aku lihat. Fotoku ada dalam dompet Vigo?
"Aku dulu suka banget sama kamu Dina. Karena, kamu itu satu- satunya cewek yang gak pernah negur aku. Kamu cuek dan aku suka itu." ucapnya sambil tersenyum.
"Dulu, aku berharap bisa kenal dan pacaran sama kamu. Tapi, dekat kamu aja aku udah gemetaran, apalagi ngobrol sama kamu..." ucap Vigo lagi. Lalu dia menatap robekan kertas itu.
"Aku tau kok, kamu ngerobek kertas ini. Cuma aku pura- pura gatau aja. Aku seneng banget waktu kamu robek kertas ini. Karena itu artinya, kamu juga suka sama aku. Iyakan?" ucapnya yang membuatku tersipu malu.
"Ikh... Kok diem aja?" ujarnya sambil mencubit pipiku pelan.
"aku bingung mau ngomong apa..."
"Kamu percaya mitos True Love gak?"
"True Love? Emang ada?" tanyaku.
"mulanya, aku juga gak percaya. Tapi malem ini aku percaya. True Love aku udah aku temuin lagi. Aku suka kamu." ucapnya sambil natap bintang.
"udah jam 12 belom?" tanyanya.
"udah. Udah jam 12 tepat."
"Happy Birthday Dina :). Will you be My True Love?"

Apakah dia menyatakan perasaannya. Tanpa sadar, aku mengucapkan
"yes. I will."
***

Percaya atau tidak, itulah faktanya. Cinta Sejati akan datang. Sejauh dan sesulit apapun, Cinta Sejati akan mencari jalan lagi dan lagi untuk kita temukan. :)


PROFIL PENULIS
Nama: Dina Pertiwi
Tempat lahir: Sumut
Tanggal lahir: 22 Agustus 1996
Add fb: dinapertiwi69@ovi.com
Follow twitter: @dinapertiw1_

Demikian Update Cerpen Romantis kali ini, semoga menginspirasi.

artikel terkait :
cerpen romantis - 3 hari menuju 17thn
cerpen romantis - cinta yang pergi

Contoh CV / Resume Yang Baik

Posted: 30 Jul 2013 05:41 PM PDT

Pada postingan kali ini admin akan memberikan contoh cv terbaik yang bisa anda jadikan referensi pembuatan daftar riwayat hidup sebagai dokumen pelengkap untuk menemani surat permohonan bekerja di subuah perusahaan yang anda inginkan.

contoh cv

Contoh CV bahasa indonesia

DEJAN STANCOVIC
Alamat : Jl. Tenggilis Mejoyo W-24 Surabaya Telepon: 0001000
HP        : 0800000000
Email    : nick_challenge2012@yahoo.com

Tanggal Lahir  : 27 Januari 1980
Agama   : Islam
Tinggi/Berat Badan : 160 cm/60 kg
Status   : belum menikah

Pendidikan Formal
1998 – 2002  Universitas Surabaya Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika,  IPK 3.20
1995 – 1998  SMA Ciputra (Kelas III bidang studi IPA)

Pendidikan Non Formal
2003  Web Design  Studio Sertifikasi
2002 Linux Chip Sertifikasi
2002 Cisco System Info Komputer Sertifikasi
2002 Bahasa Jepang NICE Center Intermediate
2000 Bahasa Inggris English First (EF) Intermediate
1998 Bahasa Mandarin Kursus privat Kelas conversation

Pengalaman Organisasi
2001 – 2002  Karang Taruna Kampung Bedug, sebagai wakil ketua
Tugas : menggalang dana kegiatan warga, menyusun rencana kegiatan, mengkoordinir acara warga.

2000 – 2001  UKM Bowling, sebagai ketua
Tugas : menyusun AD/ART, membuat rencana kegiatan,

2000 Kontes Band Kampus se-Indonesia, sebagai Steering Comitee
Tugas : mengarahkan kegiatan sesuai visi misi organisasi

1999 – 2000  Senat Fakultas, sebagai ketua
Tugas: mengkoordinir unit kegiatan mahasiswa fakultas

Pengalaman Kerja
Agustus 2003 – Juli 2004,
Web administrator PT Jude Kekar Bertanggungjawab kepada IT Manager
Lingkup tugas:
- Koordinator web designer
- membuat konsep tampilan web
- mengkoordinasi lalu lintas informasi web
- mengembangkan e-commerce perusahaan

Mei 2003 – September 2003,
Web designer PT Bhoiem Jaya Sekali Bertanggungjawab kepada IT Manager
Lingkup tugas:
-  Membuat desain situs dilengkapi dengan pengembangan database interaktif,
- pengelolaan tampilan situs sesuai kebutuhan.

Hobi dan Minat
Sepak bola, renang dan Jogging
Pembuatan game pc dan pembuatan desain grafis.
Mencari info terbaru di internet

Referensi
Judith E. Dwijanti, Direktur PT Jude Kekar: (031) 29000007 Bobby Meidrie Levianto, Direktur PT Bhoiem Jaya Sekali: (031) 2900000

CV bahasa inggris

Simon Yen
(64)12345678
simon_yen@mail.com

EDUCATION
Sep 2008---Present, Shanghai University, BE

    Candidate for Bachelor in Mechanical Engineering degree (ME).
    Major academic courses highlights: Company Property Management; Marketing; Economics; English
    Technology Communication; Information Management System; Modern Fabrication System.

May 2011, Certified Public Accounting Training (CPA)

OCCUPATION
Dec 2011----present, ITT Flygt investment. China
Application Engineer, Sales & Marketing

    Application support and industry projects tracing to sales office to achieve the sales budget and new industry market application research.
    Pay suitable visits to end users and DI for seminars and technical presentations with salesperson or distributors while collecting marketing information and competitor information analysis.

July 2011----Sep 2011, Intel Products Co., Shanghai, China
CPU Assembly Engineer (Internship)

    Analyzed the yield ratio trend, documented and solved the current problems.
    Participated in the training of marketing, business process modeling and analysis at Intel University.
    Visualized a project review with impressive presentation and multi-media animation, which was highly appreciated by department manager.

June 2011----July 2011, GF Fund Management Co., LTD.
Campus Intern

    Analyzed investment principles and related financial derived products
    Formulated the scheme of market popularization and network marketing.

AWARDS

    2009-2010, Second-Class Scholarship for Excellent Students of Shanghai University.
    2010-2011, the Imagine Ambassador of Shanghai Tennis Popularization.

COMPETENCIES & INTERESTS

English Ability : Band 6 and the intermediate test of interpretation.
Germany Ability : 600 hours of Germany lessons in TongJi University.

Computer Skills:

    National Computer Lever 3rd Certificate. ( Network Communication )
    Professional Certificate of Assistant Information Officer (AIO).
    C++, VBA, Provision, JMP, AutoCAD, 3Dsmax, Photoshop, Solidworks, Aftereffect

Personal Interests:

Basketball (Skills); skating (Speed); English (elegant); Snooker (Stable)

Nah, sekian dulu contoh cv kali ini, bila perlu anda bisa melihat berbagai dokumen contoh surat di blog ini yang akan selalu di update untuk memenuhi kebutuhan anda.

artikel terkait :
contoh surat lamaran kerja
contoh surat pengunduran diri

Cerpen Persahabatan - Kado Terakhir Untuk Sahabat

Posted: 30 Jul 2013 04:02 PM PDT

Berikut ini adalah sebuah cerpen persahabatan untuk melengkapi kumpulan cerpen di blog ini ... silahkan disimak ...

KADO TERAKHIR UNTUK SAHABAT
Karya Nurul Alma Febriyanti
Lima hari sebelum kawanku pindah jauh disana. Selepas makan siang, aku langsung kembali beranjak ketempat aku bermain dengan sahabatku.
"hei, kemana saja kamu? Daritadi aku nungguin" Tanya sahabatku yang bernama Alvi. "tadi aku makan siang dulu" jawabku sambil menahan perut yang penuh dengan makan siang "ah ya sudah, ayo kita lanjutkan saja mainnya" sahut Alvi. Tidak lama saat aku & Alvi sedang asyik bermain congklak, Rafid adiknya Alvi datang menghampiri kami berdua.
"kak, aku pengen bilang" kata Rafid "bilang apa?" sahut Alvi penasaran "kata bapak, sebentar lagi kita pindahan" jawab Rafid "hah? Pindah kemana?" tanyaku memotong pembicaraan mereka "ke Bengkulu" jawab Rafid dengan singkatnya "ya udah kak, ayo disuruh pulang sama ibu buat makan siang dulu" ajak Rafid ke Alvi "iya deh.. ehm.. Alma, aku pulang dulu ya aku mau makan siang" ujar Alvi "eh, iya deh aku juga mau pulang kalau gitu" sahutku tak mau kalah.

Sesampainya dirumah aku langsung masuk kedalam kamar & entah kenapa perkataan Rafid yang belum pasti tersebut, terlintas kembali ke pikiranku. "Andai perkataan tersebut benar, tak terbayang bagaimana perasaanku nanti" ujarku pada cermin yang menatapku datar "sudahlah daripada aku memikirkan yang belum pasti lebih baik aku mendengarkan musik saja" ujarku kembali sambil beranjak mengambil mp3. Tak lama kemudian aku mendengar sebuah pembicaraan, yang aku tau suaranya sudah tak asing lagi bagiku yaitu orang tuaku & orang tua Alvi sahabatku. Aku mencoba mendekati pintu kamar untuk mendengarkan pembicaraan itu. Tak lama tanganku keringat dingin, aku sudah mendapatkan inti pembicaraan ternyata benar apa yang dikatakan Rafid pada Alvi tadi siang bahwa mereka akan pindah kurang lebih sebulan lagi.

Lemas sudah tubuhku setelah mendengar kabar itu, tiba-tiba ibu mengetuk kamarku & mengagetkanku yang sedang bingung itu. *Tok3X… "Alma, kamu mengunci pintu kamarmu ya" Tanya ibu sambil mencoba membuka pintu "enggak kok" jawabku dengan lemasnya "kamu kenapa.. ayoo buka kamarmu!!" teriak ibu "iya.. sebentar" sahutku sambil membuka pintu.
"ngapain kamu mengunci kamar?" Tanya ibu.
"gak knapa2… tadi aku memang lg duduk didepan pintu" jawabku sambil menoleh keruang tamu yang berhadapan dengan kamar tidurku.
"ya sudah, tadi orang tuanya Alvi bilang kalau mereka ingin pindah bulan depan"
"iya, aku sudah tau" sahutku kembali ke kamar tidur.
"oh kamu tidak sedih kan?" Tanya ibu yang menghampiriku.
"…" tak kujawab pertanyaan ibu.
"hm.. sudahlah tak usah dibahas dulu.. sana tidur siang dulu biar nanti malam bisa mengerjakan PR" ujar ibu sembari mengelus elus rambutku.
"iya…" jawabku singkat.

Esoknya tepat dihari Minggu, matahari pagi menyambutku. Suara ayam berkokok dan jam beker menjadi satu. Tetapi, aku tetap saja masih ingin ditempat tidur. Sampai sampai ibuku memaksaku untyk tidak bermalas malasan.
"Alma, ayoo bangun.. perempuan gak baik bangun kesiangan" ujar ibu sambil melipat selimutku. "sebentar dulu lah.. aku masih ngantuk" sahutku sambil menarik selimut ditangan ibu. "itu Alvi ngajak kamu main.. ayoo bangun!!" ujar ibu kembali sambil mengeleng gelengkan kepala. "oh oke oke" sahutku semangat karena ingat bahwa Alvi akan pindah sebulan lagi. Lalu, aku langsung beranjak dan segera lari keluar kamar tidur untuk mandi & sarapan. Setelah itu Alvi tiba-tiba menghampiri rumahku
"Assalamualaikum, Alma!!" panggil Alvi dari depan rumah.
"walaikumsallam, iya!!" sahut ibuku yang beranjak keluar rumah.
"oh ibunya Alma, ada Alma nya gak?" Tanya Alvi.
"Alma nya lagi sarapan, sebentar ya tunggu dulu aja. Sini masuk" jawab ibuku.
"iya, terimakasih" sahut Alvi.

Ketika aku sedang asyik asyiknya sarapan, Alvi mengagetkanku.
"Alma, makan terus kau ini" ujar Alvi sambil tertawa. "yee, ngagetin saja kamu ini. Aku laper tau" sahutku sambil melanjutkan sarapan. "kok gak bagi-bagi aku sih" Tanya Alvi sambil menyengir kuda. "kamu mau, nih aku ambilin ya" jawabku sambil mengambil piring. "hahaha.. tidak, aku sudah makan, kau saja sana gendut" sahut Alvi sambil tertawa terbahak bahak. " ya sudah" jawabku kembali sambil membuang muka. Tak berapa lama kemudian, sarapanku habis lalu Alvi mengajakku bermain games.
"sudah kan, ayoo main sekarang" ajak Alvi semangat.
"aduh, sebentar dong. Perutku penuh sekali ini" sahutku lemas karena kebanyakan makan.
"ah ayolah, makanya jangan makan banyak-banyak. Kalau gitu kapan mau dietnya" ujar Alvi menyindirku.
"ya sudah ya sudah.. ayoo mau main apa?" ajakku masih malas.
"Vietcong yuk tempur tempuran" jawab Alvi semangat seperti pahlawan jaman dulu.
"hah, okedeh" sahutku sambil menyalakan laptop milik ayah.

Kemudian, aku dan Alvi bermain games kesukaan kami berdua. Kami bermain bergantian, besar besaran skor, dll tidak berapa lama ibunya Alvi memanggilnya untuk pulang. "Assalamualaikum, ada Alvinya gak?" Tanya ibunya Alvi sambil tersenyum denganku. "ada-ada.. Alvi! ibumu mencarimu" kataku kepada Alvi yang sedang asyik bermain. "iya.. sebentar lagi, emangnya kenapa?" Tanya Alvi. "aku tidak tau, sana kamu pulang dulu. Kasian ibumu" ujarku sambil mematikan permainan. "huh… iya iya" sahut Alvi beranjak pulang kerumahnya.

Tak berapa lama, Alvi mengagetkanku saat aku sedang asyik melanjutkan permainan yang sedang aku mainkan. "Alma!!" panggil Alvi sambil menepuk pundakku. "Apa??" jawabku kaget. "aku pengen bilang sesuatu nih, hentikan dulu mainannya" ujar Alvi. "iya!!" jawabku agak kesal. "jadi gini.. dengarkan ya… ternyata aku akan pindah 3 hari lagi" cerita Alvi. "hah? Kok dipercepat??" sahutku memotong pembicaraan Alvi. "aku juga tidak tau, kau sudah memotong pembicaraanku saja. Sudah ya aku harus pulang ini.. bye!" ujar Alvi beranjak keluar rumah. "tunggu!! Kau serius??" tanyaku dengan penuh ketidak percayaan. "serius.. dua rius malahan" jawab Alvi sambil memakai sandal. "oh ok.. bye!!" sahutku kembali. Setelah Alvi pulang kerumahnya, aku langsung lari masuk kedalam kamar & mengunci diri. Aku tidak tau apa yang harus kulakukan sedangkan sahabatku sendiri ingin pindahan. Terlintas dipikiranku untuk memberikan Alvi sahabatku sebuah kado yang mungkin isinya bisa membuat Alvi mengingat persahabatan antara kita selamanya walaupun sampai akhir hayat nanti kita tak akan dipertemukan lagi. Ku ambil buku diary & kutuliskan cerita-cerita persahabatanku dengan Alvi. Tak lama kemudian , terpikirkan suatu hadiah yang akan kukasih dihari dia pindahan nanti lalu, aku ambil uang simpanan yang kusimpan didompetku & ku piker-pikir uangnya cukup untuk membelikan hadiah untuk Alvi.

Besoknya sehabis pulang sekolah, aku langsung berlari ke toko sepatu dekat rumahku. Ku lihat-lihat sepatu yang cukup menarik perhatianku, tiba-tiba ada seorang bapak-bapak yang menghampiriku.
"hai nak, kamu mencari sepatu apa?" Tanya seorang bapak yang menurutku adalah pemilik took sepatu tersebut.
"i..iya pak, maaf ada sepatu futsal tidak?" tanyaku sambil celingak celinguk kesegala rak sepatu.
"oh, ada kok banyak.. untuk apa? Kok perempuan nyari sepatu futsal?" Tanya pemilik sepatu itu sambil tertawa melihatku yang masih polos.
"bukan untukku pak, tapi untuk sahabatku" jawabku dengan polosnya.
"teman yang baik ya, memangnya temanmu mau ulang tahun?" Tanya pemilik toko itu. Entah kapan pemilik toko itu berhenti bertanyaku.
"iya" jawabku berbohong karena tak mau ditanya-tanya lagi.
"ok, sebentar ya. Bapak ambilkan dulu sepatu yang bagus untuk sahabatmu" ujar pemilik toko sepatu itu sambil berjalan ke sebuah rak sepatu.
"sip, pak" sahutku.

Tak lama, si pemilik toko sepatu itu kembali sambil membawa sepasang sepatu futsal.
"ini nak!!" kata pemilik toko sepatu itu.
"wah bagus sekali, berapa pak harganya?" tanyaku sambil melihat lihat sepatu yang dibawa oleh si pemilik toko itu.
"bapak kasih murah nak untukmu.. ini aslinya Rp. 60.000 jadi kamu bayar Rp.20.000 saja nak" jawab si pemilik toko itu sambil tersenyum.
"terima kasih banyak pak, ini uangnya" sahutku.
"iya nak, sama-sama" ujar sipemilik toko tersebut.
Setelah itu, aku kembali kerumah & mulai membungkus kado untuk Alvi. Mungkin ini hadiahya tidak seberapa, kutuliskan juga surat untuk Alvi.
Malamnya aku masih memikirkan betapa sedihnya perasaanku nanti jika sahabatku pindah pasti tidak bisa bermain bersama lagi seketika air mataku menetes & tiba-tiba ibu mengetuk pintuku. "Alma, ayo kerjakan dulu PRmu nanti kemalaman" ujar Ibu dari depan pintu kamar tidurku. "i..iya" sahutku sambil mengelap tetesan air mata yang membasahi buku yang sedang aku baca. Saat itu pikiranku masih campur aduk entah harus senang, sedih atau apa. Aku tidak bias konsen mengerjakan PR malam itu.

Besoknya disekolah, aku sering bengong sendiri sampai-sampai guruku bertanya kenapa aku seperti itu. Ku jawab saja dengan jawaban yang sangat singkat karena aku sedang memkikirkan bahwa besok lah dimana aku akan berpisah dengan sahabatku sendiri. Sepulang sekolah, aku langsung berlari memasuki kamar lagi, mengurung diri hingga malam. Tiba-tiba ada yang mengetuk pintu rumahku & kuintip lewat jendela kamar. Tak lama kemudian juga Ibu memanggilku untuk keluar kamar sebentar.
"Alma, ayoo keluar sebentar. Ada Alvi nih" ajak ibu sambil membuka pintu kamarku.
"iya…" jawabku beranjak keluar kamar.
"nah kamu sudah disini, jadi begini besok kan Alvi mau pindah ayoo berpamitan dulu" ujar ibuku.
"Alma!!" peluk ibunya Alvi kepadaku. "maafin tante sama Alvi beserta keluarga ya jika punya salah sama kamu, ini tante ada sesuatu buat kamu" kata ibunya Alvi sambil memberiku sekotak coklat.
"i..i..iya" sahutku tak bisa menahan perasaan & sejenak kuingat bahwa aku juga punya hadiah untuk Alvi.
"Alvi, ini ada hadiah buat kamu. Terima ya" ujarku mulai menangis.
"iya. Alma jangan nangis dong" jawab Alvi.
"aku.." sahutku semakin sedih.
"sudah kamu tidak usah sedih nanti suatu saat kalian bisa ketemu kembali kok, ibu yakin" kata ibu sambil menghapus air mataku.
"ya udah, Alma jangan nangis ya… oh iya ini tante kasih no telp. Tante biar nanti kalau Alma kangen sama Alvi bisa sms atau telepon ya" ujar ibunya Alvi sambil menghapus air matanya pula yang hendak menetes.
"iya.." jawabku sambil masih menangis.
Malam pun tiba, Alvi dan keluarganya pun berpamit & harus segera pulang. Aku pun kembali ke tempat tidur & mulai menangis. Ku gigit bantal yang ada didekatku tak tahan aku melihat hal tadi.

Esoknya, tepat dipagi hari. Suara mobil kijang mengagetkanku & bergegas aku keluar. Ku lihat Alvi & keluarganya sudah bersiap-siap untuk berangkat, tubuhku mulai lemas ibu pun mengagetkanku untuk segera bersiap siap sekolah. Sebenarnya aku ingin tidak sekolah dulu hari itu tapi bagaimana juga pendidikan yang utama. Aku bergegas kesekolah tapi sebelum itu, aku berpamitan dengan Alvi lagi.
"Alvi!!" panggilku dari jauh.
"Alma!!" jawabnya sambil mendekatiku.
"jaga dirimu baik baik disana ya kawan, semoga banyak teman-teman barumu disana & jangan lupakan aku" ujarku mulai meneteskan air mata.
"iya, kamu tenang. Kalau kamu sedih kepergianku ini tidak akan nyaman" sahutnya sambil memberiku tissue.
"iya… terima kasih" jawabku kembali sambil menghapus airmata dengan tissue yang diberikan oleh Alvi.
"oh iya Alma, thanks ya buat kadonya itu bagus banget… aku juga udah baca suratnya… terima kasih banyak ya… akan kujaga terus kado mu" ujar Alvi menatapku.
"iya.. sama-sama karena mungkin itu kado terakhirku untukmu kawan" sahutku sambil tersenyum tak menunjukkan kesedihan lagi.
"kau memang sahabat terbaikku selamanya" kata-kata terakhir Alvi yang ia ucapkan kepadaku. Disitulah aku berpisah & disitulah aku harus menempuh hidup baru, juga makna dari sebuah persahabatan tanpa menilai kekurangan seorang sahabat.

~Selesai~

PROFIL PENULIS
Hi~ my name is Nurul Alma Febriyanti, but you can call me Alma. I was born on 13th of February 1999. this is my first short story telling that I have been published. I hope all of you like my short story... enjoy it! ;D and if you want to know more of me, you can follow my twitter >> @alma_fbrynt

Demikian cerita pendek kali ini,.... silahkan baca juga kumpulan cerpen persahabatan yang lainnya...

artikel terkait :
cerpen persahabatan - sebuah janji
cerpen persahabatan - rinduku kenanganku
cerpen persahabatan - cinta para sahabat

Cerita Motivasi Inspirasi Hidup

Posted: 30 Jul 2013 03:45 PM PDT

Kumpulan cerita motivasi dibawah ini diharapkan dapat memberikan inspirasi kehidupan agar anda bisa lebih termotivasi dalam memjalani hidup yang tidak mudah ini. Silahkan disimak..

Kumpulan Cerita Motivasi

3 Orang Tamu
Suatu ketika, ada seorang wanita yang kembali pulang ke rumah dari perjalanannya keluar rumah, dan ia melihat ada 3 orang pria berjanggut yang duduk di halaman depan. Wanita itu tidak mengenal mereka semua. .....

Cerita Motivasi - Kerikil Kerikil
Kisah di sebuah pedalaman, hidup seorang pemuda yang pemurung. Seluruh hidupnya selalu dia hiasi dengan penyesalan.....

Malaikat dan pengusaha
Seorang pengusaha sukses jatuh di kamar mandi dan akhirnya stroke, sudah 7 malam dirawat di RS di ruang ICU. Di saat orang-orang terlelap dalam mimpi malam, dalam dunia roh seorang Malaikat menghampiri si pengusaha ......

Cerita Motivasi - Pohon
Dalam sebuah perjalanan seorang ayah dengan puteranya, sebatang pohon kayu nan tinggi ternyata menjadi hal yang menarik untuk mereka simak. Keduanya pun berhenti di bawah rindangnya pohon tersebut. ......

Elang
Elang merupakan jenis unggas yang mempunyai umur paling panjang didunia. Umurnya dapat mencapai 70 tahun. Tetapi untuk mencapai umur sepanjang itu seekor elang harus membuat suatu keputusan yang sangat ........

Pecel lele
Suatu hari ada seorang lelaki, yang ikut antri di warung pecel lele didaerah Monjali. Mendung bergantung sore itu, dan warna hitam yang menyeruak d ibarat mulai bergerak mendekat. Dia, berkaos putih yang leherannya .......

Hinaan membawa Berkah
Suatu hari, anak muda ini mengantar penuh muatan berisi puluhan buku ke kantor berlantai 7 di suatu perguruan tinggi ; ketika dia memanggul buku-buku .......

Nah, sekian dulu cerita motivasi kali ini, semoga bisa menginspirasi...

artikel terkait :
cerita lucu
cerita pendek
cerita humor
cerita rakyat

Fakta Unik Tentang Nyamuk

Posted: 30 Jul 2013 01:10 AM PDT

Fakta Unik Nyamuk - Apa yang umumnya mengganggu kamu sewaktu tidur? Yang suaranya berdengung di telinga kamu? Hewan kecil yang lincah dan pandai mengelak? Pandai mencari sasaran biarpun di dalam gelap. Dan kenapa kamu selalu gatal dibuatnya?

Nyamuk, demikian serangga yang mengganggu kita karena menghisap darah dan juga menyebarkan penyakit. Tapi mari kita cermati tentang nyamuk ini.


Sebenarnya nyamuk menghisap darah bukan untuk memuaskan nafsu makanannya, mereka lebih selera menghisap madu, nektar dari bunga-bunga, dan juice. Hanya nyamuk betina saja yang menghisap darah, itupun diperlukan karena untuk bertelur mereka membutuhkan banyak protein amino yang terdapat dalam darah.

Darah manusia mengandung sedikit asam amino, nyamuk lebih menyukai darah kerbau atau tikus, tapi kalau ada manusia yang jumlahnya lebih banyak, dan lebih mudah di "gigit", ya kenapa enggak?


Nyamuk selalu dapat menemukan sasarannya dengan tepat karena mereka "melihat" dengan gerakan, panas tubuh, dan bau tubuh kita. Jadi di kegelapan kamar kamu, walau kamu menutup selimut seluruh tubuh kamu, ujung kaki kamu yang tersembul, atau dengus nafas kamu yang hangat, dapat memberi "tanda" bagi nyamuk tersebut bagwa disana ada sasaran yang siap diserang

Kamu tentu pernah melihat di film-film perang bagaimana seorang tentara mengintai musuhnya dengan "kacamata malam" yang menggunakan "panas" untuk melihat.

Sewaktu nyamuk hinggap di tubuh kamu, dia menempelkan mulutnya yang mirip sedotan (disebut juga PROBOSIS, ingat ini hanya ada di nyamuk betina ya), lalu terdapat "pisau" yang merobek kulit kamu maju mundur, hingga menemukan urat darah, setelah itu baru darah yang ada di hisap.

Oh ya dalam prosesnya, nyamuk juga mengeluarkan air liur yang dapat mencegah darah yang dia hisap membeku (karena kita tahu darah kita akan segera membeku jika terkena udara khan?)


Proses ini berlangsung cepat dan seolah-olah proses yang terjadi adalah nyamuk "menusuk" tubuh kita seperti halnya seorang dokter mnyuntikkan jarum suntik, padahal tidak begitu, nyamuk "membedah" kita seperti layaknya dokter bedah yang cepat dan akurat.

Proses penggigitan belum selesai. Setalah nyamuk "kenyang" dia akan mencabut "sedotannya" dan terbang. Air liur yang tertinggal di kulit kita akan merangsang tubuh layaknya ada benda asing yang mengganggu, terjadilah proses yang dikenal dengan ALERGI, dan yang terjadi adalah bentol-bentol dan gatal.
Nah kamu sudah tau khan proses panjang dari seekor nyamuk yang kebetulan beruntung menggigit kamu? Walaupun nyamuk itu "hanya" membutuhkan darah kamu untuk telur-telurnya, tapi hati-hati, nyamuk itu juga membawa ratusan virus dan parasit dalam tubuhnya dan moncongnya, yang akan masuk dalam tubuh kamu sewaktu dia menghisap darah kamu. Banyak penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, yang tekenal antara lain MALARIA, DEMAM BERDARAH.

artikel terkait :
fakta unik tentang tertawa
fakta unik tentang berlian
fakta unik tentang buah-buahan

Cerita Pendek Lucu Terbaru

Posted: 30 Jul 2013 12:13 AM PDT

Berikut ini adalah kumpulan cerita pendek lucu banget yang bisa anda jadikan bahan bacaan di saat santai sambil menemani aktifitas anda di sosial modia atau jika anda sedang mencari informasi.

Cerita Pendek - Ini Cerita Memet

Di sebuah kelurahan di daerah Bogor, seorang Lurah menerima laporan dari seorang staff senior- nya, bernama Memet .... baca selengkapnya

Cerita Pendek - Tubuh Di Cermin

Suatu malam seorang istri yang kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari karena harga-harga yang melambung meminta uang ...... baca selengkapnya

Pantun Buat Onom Dari Lim

Suatu hari, Onom dan Iim berniat mau ngedate. Tapi, ngedate mereka berberda dengan orang-orang lain. Mereka lebih suka ...... baca selengkapnya

Ada Pesan Dari Mbok

Seorang gadis desa yg lugu hendak merantau ke kota. Sebelum berangkat ibunya menyampaikan pesan. Nduk kalau kamu ke .... baca selengkapnya

Belajar Bareng Dalam Comberan

Suatu hari, Onom lagi mau berangkat kerja dengan jalan kaki karena motor dia sedang rusak. Jarak dari rumah ke kantornya gak begitu ..... baca selengkapnya

Nah, demikian cerita pendek yang bisa saya sharing kali ini, cerita pendek lainnya akan segera di update.

artikel terkait :
cerita humor
cerita rakyat
cerita motivasi
cerita lucu

No comments:

Post a Comment

jangan lupa follow blog ini,nanti saya follow back,budayakan tinggalkan komentar.