Friday, 23 August 2013

Blogodolar Tips & News

Blogodolar Tips & News


3 Cara Gratis Mendatangkan Trafik Blog Tanpa Henti

Posted: 22 Aug 2013 07:41 AM PDT

Ini adalah postingan tamu Oktorian S. Hakim dari notordinaryblogger.com. Jika Anda tertarik menjadi blogger tamu di Blogodolar, silakan lihat panduannya di sini.

Trafik blog merupakan salah satu unsur penting bagi sebuah blog untuk bisa tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu penting bagi blogger untuk mengetahui perkembangan apa saja yang terjadi seputar cara-cara mendatangkan trafik blog. Dengan demikian kita bisa menghemat waktu dalam mendapatkan blog yang populer.

Di kesempatan ini saya ingin berbagi 3 cara gratis yang membantu blog saya kedatangan pengunjung tanpa henti sejak cara-cara tersebut diterapkan. Ini merupakan pengalaman pribadi yang menurut saya bermanfaat untuk diketahui jika memang trafik blog menjadi masalah bagi kegiatan blogging Anda.

Jadi apa saja ketiga cara gratis itu?

1. Facebook Fanpage

Facebook fanpage merupakan sebuah media pasif yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal salah satunya adalah untuk mendatangkan trafik blog tanpa henti. Hal ini dimungkinkan karena jika seseorang bergabung dalam facebook fanpage kita tentu saja dia secara sukarela akan menerima update status yang kita lakukan.

Dalam hal mendatangkan trafik, bisa dibilang facebook fanpage memiliki kekuatan lebih baik dibandingkan berbagi link di sebuah grup facebook karena pengikut fanpage lebih terfokus pada informasi yang dibagikan ketimbang pengikut grup.

Jika kita perhatikan sebuah grup facebook sekarang lebih seperti tempat link spam yang berarti banyak penggunanya berbagi link promosi ketimbang informasi. Itulah sebabnya sebuah facebook fanpage sebagai salah satu media gratis yang baik untuk mendatangkan trafik blog.

2. Produk Gratis

Produk GratisMenawarkan sebuah produk gratis melalui blog kita merupakan cara yang sangat baik untuk mengundang trafik. Hal ini disebabkan dua hal.

Pertama, dari sudut pandang SEO konten informasi produk gratis bisa saja terindeks dalam mesin pencari. Alhasil tentu mengundang pengunjung tertarget. Kedua, dari sudut pandang psikologi marketing,  sebuah kata "gratis" cenderung lebih menarik daripada kata "murah". Alhasil pembaca (kemungkinan besar) akan mengikuti kemauan blogger. Produk gratis penting sekali untuk mendapatkan alamat email pembaca dimana alamat email ini yang nantinya bisa berperan lebih jauh dalam pengembangan blog jangka panjang.

Lebih jauh lagi posisi produk gratis sangat penting di tengah ketatnya persaingan blog-blog berkualitas saat ini. Jadi jika kita merupakan pendatang baru dan ingin bersaing dengan blog-blog besar maka mempertimbangkan untuk menciptakan produk gratis (yang berkualitas tentunya) akan membuat banyak perbedaan di mata pembaca ketimbang dengan tawaran update postingan blog pada umumnya.

Apakah pendapat saya itu benar? Jika Anda iseng mencoba ketikan "seo ebook gratis" di google search kemungkinan besar akan ada link blog notordinaryblogger di halaman pertamanya. Kemudian secara on-page, konten produk gratis itu masuk sebagai salah satu "popular post" dimana mayoritas pembaca melihat konten itu. Itulah mengapa produk gratis bisa mendatangkan trafik blog tanpa henti.

3. Email Newsletter

Melanjutkan dari produk gratis di atas, jika kita berhasil mendapatkan alamat email pembaca maka sudah saatnya kita menjaga kepercayaan pembaca. Alamat email yang sudah didapatkan dengan susah payah jangan disalahgunakan dengan memberikan informasi yang tidak berkualitas.

Alamat email pembaca merupakan gerbang menuju kepercayaan pembaca kepada kita. Jika pembaca sudah percaya tentu saja promosi blog dapat dijalankan dengan lebih leluasa. Untuk menjalankan sebuah email newsletter kita bisa menggunakan jasa pihak ketiga atau melakukannya sendiri secara manual. Namun tentu saja pengelolaan email newsletter secara manual akan menyita waktu lebih banyak, namun hasilnya tetap memuaskan.

Sekarang giliran Anda, apakah Anda pernah mencoba ketiga cara gratis mendatangkan trafik blog tanpa henti di atas?  Jangan sungkan untuk berbagi komentar, pengalaman ataupun kritik.

Oktorian S. Hakim adalah seorang part-time blogger dan freelance writer pengelola notordinaryblogger di mana Anda bisa belajar gratis memahami google analytics lebih baik untuk meningkatkan pengunjung blog.

Related Posts:

No comments:

Post a Comment

jangan lupa follow blog ini,nanti saya follow back,budayakan tinggalkan komentar.