Thursday, 12 September 2013

Blogodolar Tips & News

Blogodolar Tips & News


4 Tips Ngeblog Penting Bagi Part-Time Blogger

Posted: 11 Sep 2013 12:21 AM PDT

Ini adalah postingan tamu Oktorian S. Hakim dari notordinaryblogger.com. Jika Anda tertarik menjadi blogger tamu di Blogodolar, silakan lihat panduannya di sini.

Menjadi seorang part-time blogger bisa sangat menguntungkan saat ini karena Anda bisa tetap menjalankan pekerjaan normal dan mendapat penghasilan tambahan secara online melalui blog yang dikelola. Singkatnya, menjalani hobi ngeblog secara part-time bisa menjadi semacam test drive sekaligus investasi. Test drive karena cara ini dapat melihat tingkat keuntungan hobi yang dijalankan sedangkan investasi karena jika kita konsisten memberi konten berkualitas dan melakukan promosi, blog akan semakin populer.

Namun, masalah terbesar bagi seorang part-time blogger adalah waktu. Ya, waktu yang tersedia tidak terlalu banyak dibandingkan mereka yang full-time blogger. Hal ini menjadi kendala karena sebuah blog perlu dipelihara dan dirawat agar dapat tumbuh besar dan mendatangkan keuntungan. Akan tetapi, selama ada keinginan kuat selalu ada jalan. Di sini saya ingin berbagi pengalaman menjalani itu semua.

1. Temukan Ide Tulisan dengan Cepat

Kecepatan sangat penting jika waktu yang tersedia sangatlah sempit. Untuk itu penting bagi Anda menemukan ide tulisan dengan cepat. Bagaimana caranya?

Kunjungi website surat kabar nasional. Website surat kabar memiliki cakupan berita luas yang sudah dikategorikan kedalam topik-topik tertentu. Saya yakin pasti ada tema utama blog Anda di dalam salah satu topik blog itu.

Sebagai contoh jika Anda memiliki blog tentang travelling Anda bisa melihat-lihat http://travel.kompas.com dan lihat bagian "terbaru" dan "terpopuler". Dari cara ini saja Anda akan segera menemukan ide postingan blog.

Selain website surat kabar nasional Anda juga bisa melihat-lihat blog lain yang bertema sama dan perhatikan kedua hal tadi.

2. Menulis Lebih Cepat dan Berkualitas

Satu hal penting yang tidak bisa dilupakan saat ngeblog adalah kualitas. Lalu masalah berikutnya adalah bagaimana bisa kita menulis cepat dan berkualitas? Inilah beberapa rekomendasi :

  • Kurangi panjang tulisan dari biasanya (perlu dipahami bahwa postingan dengan panjang 250–400 kata masuk kategori cukup untuk sebuah postingan blog)
  • Pastikan inti permasalahan masuk dalam judul
  • Masukan kata kunci di judul, paragraf awal dan penutup saja
  • Di penyampaian isi: gunakan pointers kurangi narasi
  • Tutup dengan pertanyaan kepada pembaca

Dengan cara ini Anda menghemat banyak waktu dan tidak menghilangkan unsur kualitas. Segi kualitas postingan terjaga karena Anda memberikan kejelasan informasi yang singkat, padat dan jelas kepada pembaca mulai dari judul sampai isi postingan. Selain itu, penggunaan kalimat tanya di bagian penutup dapat memberi kesan tersendiri kepada pembaca sekalipun mereka tidak merespon pertanyaan itu.

3. Atur Waktu Promosi dan Kurangi Waktu Menulis

Jika Anda tipe blogger yang suka menulis maka jangan takut jarang menulis. Karena bagi mereka yang suka menulis akan kesulitan untuk istirahat menulis; mereka suka bercerita lewat tulisan akibatnya banyak waktu digunakan untuk menulis.

Anda termasuk salah satu blogger seperti ini? Jangan khawatir untuk jarang menulis. Kurangi intensitas penerbitan postingan Anda. Jika Anda seorang part-time blogger dan ingin menulis setiap hari dengan sebuah postingan panjang, jangan paksakan. Lebih baik Anda menerbitkan postingan baru seminggu sekali atau dua kali dan menggunakan waktu senggang untuk promosi blog serta aktivitas penting lainnya.

Postingan berkualitas saja tidak cukup membuat blog Anda tumbuh besar, Anda harus mempromosikannya secara tepat. Dengan jarang menulis Anda bisa melakukan promosi ditengah waktu yang sempit. Promosi blog lebih mudah dilakukan dibanding menulis sehingga cara ini sangat membantu seorang part-time blogger. Anda hanya perlu menyisihkan waktu maksimal 45–60 menit dalam 1 hari untuk ini.

4. Pilih Cara Promosi yang Tepat

Khusus untuk cara ini mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan ketiga cara sebelumnya. Karena Anda harus mengevaluasi cara-cara promosi blog yang sudah dilakukan. Tetapkan target apa yang Anda mau dari cara promosi yang sudah diterapkan. Misalnya target Anda adalah penambahan trafik blog dengan blog commenting. Jika cara itu menunjukkan peningkatan trafik blog secara stabil jangan tergiur melakukan hal lain karena Anda tidak akan memiliki cukup waktu untuk itu. Fokuslah kepada hal yang terbaik dan sudah terbukti.

Kesimpulan

Permasalahan utama yang sering menjadi kambing hitam bagi seorang part-time blogger adalah waktu. Oleh karenanya efektivitas dan efisiensi kegiatan ngeblog menjadi penting. Kualitas konten sangat penting namun interaksi online juga tidak kalah penting.

Perhatikan cara Anda membuat konten, mempromosikan blog, evaluasi hasilnya, fokus kepada yang terbaik dalam memberikan hasil dan jangan mudah tergoda mencoba trik lainnya.

Apakah Anda seorang part-time blogger? Atau waktu menjadi kendala utama kegiatan ngeblog Anda?

Oktorian S. Hakim adalah seorang part-time blogger dan freelance writer pengelola notordinaryblogger di mana Anda bisa mendapatkan panduan meraih peringkat lokal alexa yang dicari pelaku bisnis online.

No comments:

Post a Comment

jangan lupa follow blog ini,nanti saya follow back,budayakan tinggalkan komentar.