Sunday, 22 September 2013

Blogodolar Tips & News

Blogodolar Tips & News


Duel Blog Niche 9: Bagaimana Blog Niche Saya Menempati Top 5 Google.com

Posted: 21 Sep 2013 09:09 AM PDT

Seperti diketahui, blog niche saya tentang tankless water heater reviews masuk halaman 1 Google.com sejak akhir Mei 2013 lalu. Hampir empat bulan kemudian, blog niche tersebut merangkak naik ke Top 5 (tepatnya di posisi 2) sehingga trafik dan penghasilannya meningkat pula.

Di bawah ini adalah screenshot hasil pengecekan kata kunci tankless water heater reviews menggunakan Long Tail Pro  dengan lokasi AS (22 September 2013, pukul 00:05 WITA). Klik gambar bila tidak jelas.

SERP tankless 21 Sept 2013

Apa yang saya lakukan sehingga blog niche saya masuk Top 5 Google.com?

SEO On-Page

Tidak banyak yang saya lakukan di SEO on-page. Saya melakukannya hal-hal standar saja, yaitu:

1) Kata kunci utama di title tag dan deskripsi blog

Kata kunci utama yang dibidik merupakan hal penting bagi blog niche. Saya menempatkannya di title tag dan deskripsi blog dengan menggunakan plugin All in One SEO Pack.

2) Artikel 100% lolos CopyScape

Saya memublikasikan artikel (masing-masing 500 kata) yang 100% lolos CopyScape untuk menghindari isu konten duplikat. Semua artikel tersebut saya pesan di iWriter. Selain lolos 100% CopySacpe, saya memberikan subjudul yang jelas di setiap artikel untuk memudahkan pembaca.

3) Internal link

Internal link sangat baik bagi pengunjung dan robot Google menjelajahi blog. Oleh karena itu, saya membuat internal link secara manual dalam artikel dan dengan plugin artikel terkait.

4) Update konten

Google menyukai blog yang di-update dengan fresh content. Dengan tujuan tersebut, saya berusaha meng-update blog niche saya dengan memublikasikan artikel baru minimal 4 artikel per bulan.

SEO Off-Page

Bebicara mengenai SEO off-page, tak bisa dilepaskan dari backlink. Yang saya lakukan untuk mendapatkan backlink adalah sebagai berikut:

1) Membuat blog dummies

Blog dummies adalah blog-blog yang dibuat di platform ngeblog gratis. Saya membuat 9 blog dummies dengan topik berkaitan dengan water heater, di:

  • WordPress.com
  • Blogspot.com
  • Weebly.com
  • Tumblr.com
  • Webs.com
  • Livejournal.com
  • Xanga.com
  • Blog.com
  • Yolasite.com

Semua artikel yang digunakan di semua blog dummies tersebut adalah artikel hasil spin.

2) Mengirimkan artikel ke article directory

Saya hanya mengirimkan dua buah artikel ke GoArticles.com dan Amazines.com. Artikel yang digunakan adalah artikel hasil spin yang berkaitan dengan topik blog niche saya.

3) Berbagi di Google+ dan Twitter

Agar blog niche saya tersebut memiliki sinyal media sosial, saya lantas menginformasikannya di akun Google+ dan Twitter saya. Tidak sering, namun masing-masing hanya satu kali.

4) Membuat Facebook Page

Saya membuat sebuah Facebook Page untuk membagikan beberapa artikel di blog niche saya. Walaupun baclink dari Facebook Page bersifat no follow, saya pikir keberadaannya menambah sinyal media sosial yang mungkin termasuk dalam faktor algoritma penelusuran Google.

5) Berbagi di situs social bookmarking

Hanya 7 situs social bookmarking yang saya gunakan untuk mempromosikan niche blog saya, yaitu:

  • url.org
  • social-bookmarking.net (situs sudah tidak aktif )
  • spicypage.com
  • bookmark4you.com
  • way2bookmarks.com (situs sudah tidak aktif )
  • socialbookmarkssite.com
  • bookmarksville.com (situs sudah tidak aktif)

6) Mendaftar di website directory

Website directory yang digunakan untuk mendaftarkan blog niche saya adalah crazyleafdesign.com dan crazyleaf.net. Hal ini karena saya kesulitan menemukan website directory gratis.

7) Berkomentar di beragam blog

Berkomentar di beragam blog sebenarnya bukan kegemaran saya. Namun, setelah mengetahui beberapa blog dalam dan luar negeri masuk ke halaman 1 Google dengan backlink dari berkomentar, saya mencobanya. Dari 57 blog komentar yang saya buat, hampir semua adalah di blog do follow dengan page rank 0-6. Adapun blog no follow adalah problogger.net, johnchow.com, webpronews.com, dan quicksprout.com.

Catatan:

Ada beberapa catatan saya mengenai ketujuh SEO off-page di atas:

  • Waktu – dilakukan dari tanggal 2 April 2013 sampai dengan 4 Mei 2013. Setelah itu saya tidak melakukan lagi link building.
  • Anchor text – divariasikan (tidak semua anchor text menggunakan kata kunci tankless water heater reviews). Pedomannya Anda lihat di postingan anchor text alami.
  • Distribusi backlink – 98% mengarah ke home page.

Mohon diingat, apa yang saya paparkan di atas bukan cetak biru strategi link building yang harus Anda tiru. Saya hanya bereksperimen dan hasilnya sampai saat ini baik (bisa berubah setiap waktu). Ada tanggapan atau pertanyaan?

No comments:

Post a Comment

jangan lupa follow blog ini,nanti saya follow back,budayakan tinggalkan komentar.