Thursday, 5 September 2013

Blogodolar Tips & News

Blogodolar Tips & News


3 Alasan Jarang Menulis Blog Itu Baik

Posted: 04 Sep 2013 07:30 AM PDT

Ini adalah postingan tamu Oktorian S. Hakim dari notordinaryblogger.com. Jika Anda tertarik menjadi blogger tamu di Blogodolar, silakan lihat panduannya di sini.

Pernahkah terpikir bahwa waktu yang tersedia untuk blogging tidak pernah cukup? Atau terkadang kita menyesali perkembangan blog sendiri karena merasa jarang menulis blog? Banyak sekali penyebab blogger jarang menulis. Alasan paling umum adalah sedikitnya waktu yang tersedia dan tidak adanya inspirasi dalam menulis.

Ini menunjukkan bahwa tidak sedikit blogger yang terperdaya bahwa untuk mendatangkan trafik blog yang tinggi mereka perlu menulis sebanyak mungkin. Hal ini mungkin di dukung oleh performa website-website surat kabar nasional yang menciptakan ratusan konten per hari. Namun, website semacam itu di dukung oleh tenaga profesional dan mereka semua dibayar untuk itu. Jadi tidak aneh bukan jika website seperti itu dapat meraih trafik yang tinggi?

Kita perlu menyadari bahwa blog merupakan media personal, jadi bagaimana pun kita mengemas blog menjadi bentuk lain yang dikehendaki kesan personal sebuah blog tidak dapat hilang. Salah satu kesan personal itu adalah frekuensi penerbitan konten.

Ketika kita merasa hanya mampu menciptakan konten sekali dalam sehari, seminggu atau sebulan janganlah berkecil hati. Itulah esensi sebenarnya dari sebuah blog.

Kita semua memerlukan latihan dan waktu untuk dapat mencapai posisi di mana kita bisa sering menulis blog dalam jadwal rutin yang ditentukan. Saya tidak berusaha mengatakan bahwa banyak konten tidak berarti trafik tinggi, hanya saja konten yang diciptakan dengan maksimal akan menghasilkan sesuatu yang lebih optimal dibandingkan konten yang diciptakan untuk mengejar jadwal postingan. Terlebih jika kita menggunakan blog sebagai media bisnis.

Kuncinya adalah pastikan konten itu berkualitas dan temukan cara promosi yang tepat maka kita tidak perlu lagi khawatir jika jarang menulis blog. Inilah sebabnya :

1. Blog Membutuhkan Interaksi

Jika blog kita sudah mulai tumbuh dan berkembang, terkadang kita perlu merespon pesan dari pengunjung blog baik itu dalam bentuk respon terhadap komentar mereka, ataupun berbagai pertanyaan dan tawaran yang datang langsung melalui bagian kontak blog.

Itu semua akan mengambil sebagian waktu kita dan itu merupakan hal yang tidak kalah pentingnya dari menulis artikel blog berkualitas. Terjaganya interaksi pemilik blog dengan pengunjung menunjukkan bahwa kita memberi perhatian kepada mereka. Hasil akhirnya tentu saja kemungkinan besar pengunjung tersebut akan selalu kembali untuk melihat konten terbaru. Atau melihat berbagai penawaran yang diberikan.

2. Blogger Butuh Istirahat

relaxKetahuilah bahwa istirahat merupakan hal yang penting tidak terkecuali untuk blogger. Saat kita sudah bertekad  untuk mengembangkan blog yang sesuai keinginan kerap kali kita terlupa akan waktu. Akibatnya tidak sedikit dari kita yang jatuh sakit akibat kurang istirahat.

Efek negatif lain dari kurang istirahat adalah hilangnya inspirasi dalam menciptakan konten. Ini menjadi wajar karena ketika kita terlalu memacu stamina untuk berpikir, inspirasi akan semakin sulit untuk keluar karena pikiran sudah terlewat lelah. Jadi ingatlah waktu istirahat!

3. Konten Berkualitas Saja Tidak Cukup

Sekarang ini konten berkualitas saja tidak cukup. Sebuah blog dengan konten berkualitas perlu dibarengi dengan rangkaian strategi pemasaran blog untuk membuat konten itu menjadi maksimal.

Banyak blogger yang patah semangat karena tingkat kunjungan yang sangat kecil ke blog mereka. Salah satu penyebab hal ini adalah karena mereka terlalu fokus kepada blog sendiri. Tidak sedikit blogger berpikir bahwa menciptakan blog populer cukup dengan membuat konten berkualitas dan pembaca akan datang. Di era Google Panda dan Penguin, kita dipaksa lebih cerdas lagi dalam menggunakan cara-cara positif menemukan pembaca untuk konten berkualitas yang sudah disediakan di blog kita.

Jadi, jika Anda merasa sudah sangat maksimal dalam menciptakan setiap konten yang ada namun tidak mendapatkan trafik yang diinginkan cobalah tingkatkan promosi dan lihatlah perbedaannya.

"Blog bisa menjadi media menyebarluaskan pendapat penulisnya jika tulisan itu dibaca banyak orang. Dengan mengurangi intensitas menulis blog Anda memiliki waktu lebih untuk menemukan pembaca itu"

Apa pendapat Anda?

Oktorian S. Hakim adalah seorang part-time blogger dan freelance writer pengelola notordinaryblogger dimana Anda bisa mendapatkan panduan meraih peringkat lokal alexa yang dicari pelaku bisnis online.

No comments:

Post a Comment

jangan lupa follow blog ini,nanti saya follow back,budayakan tinggalkan komentar.