Monday, 9 December 2013

Blogodolar Tips & News

Blogodolar Tips & News


DBN Jilid 2 Update #1: Tipe Blog, Cara Monetisasi, dan Topik

Posted: 07 Dec 2013 02:36 PM PST

Selama ini saya berkutat membuat puluhan blog niche berbahasa Inggris. Walaupun demikian, saya berusaha sebaik mungkin membuat blog niche berbahasa Indonesia karena prinsip pembuatannya sama dengan blog niche berbahasa Inggris. Nah, dalam update pertama ini, saya menginformasikan tipe blog yang akan saya buat, cara memonetisasinya, dan topik blog yang sedang diriset.

Tipe Blog

Berdasarkan jumlah artikelnya, menurut saya blog niche terdiri dari 3 tipe: micro site, medium site, dan large site. Micro site adalah blog niche yang memiliki 1-20 artikel. Medium site adalah blog niche yang memiliki 21-100 artikel, sedangkan large site adalah blog niche yang memiliki lebih dari 100 artikel. Tipe blog yang terakhir kadang disebut authority site.

Dari ketiga tipe blog tersebut, saya memutuskan untuk membuat authority site. Mengapa? Karena saya ingin fokus kepada pembuatan konten dan meminimalkan link building.

Konten blog niche akan saya tulis sendiri sehingga tidak menguras dompet, namun tidak menutup kemungkinan saya akan merekrut penulis bila blog niche tersebut sudah memiliki lebih dari 100 artikel.

Cara Monetisasi

Blog berbahasa Indonesia bisa dimonetisasi dengan beragam cara seperti pay per click/PPC (Google AdSense, KlikSaya, danKumpulBlogger), afliasi (Zalora, Lazada, ebook orang lain, dll), iklan mandiri, dan menjual produk sendiri (ebook, pelatihan, theme, plugin, dll).

Dari beragam cara tersebut, saya akan memonetisasi blog niche saya dengan Google AdSense. Rencananya, bila blog niche saya sudah memiliki minimal 30 artikel dan berusia minimal 3 bulan, saya akan mendaftarkannya ke program PPC milik Google tersebut. Tentu saja saya akan menggunakan nama orang lain sebagai pendaftarnya (bisa sepupu atau teman) karena nama saya sudah di-banned.

Topik

Ada tiga topik yang sedang saya riset untuk menentukan kata kunci utama yang hendak saya bidik. Ketiga topik tersebut adalah:

1. Mobil

Saya tertarik kepada topik mobil karena saya sering melihat iklannya di blog-blog yang menampilkan iklan Google AdSense. Selain itu, saya punya keinginan memahami dunia mobil.

2. Dunia Kerja

Saya punya pengalaman sebagai karyawan selama hampir 10 tahun (2,5 tahun di almamater saya dan 7 tahun di sebuah perusahaan swasta). Suka, duka, dan tips dalam mencari pekerjaan dan melakoni karyawan bisa saya kupas tuntas. Selain itu, saya juga memiliki puluhan buku seputar dunia kerja, baik yang saya beli sendiri atau yang saya peroleh ketika mengikuti beberapa pelatihan seputar dunia kerja.

3. Pariwisata

Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang indah. Saya ingin mengetahui tempat-tempat wisata tersebut sebelum mengunjungi beberapa di antarnya (bila ada biaya). Selain Indonesia, pariwisata mancanegara juga menarik sehingga layak ditulis sehingga bisa membantu mereka yang senang jalan-jalan ke luar negeri.

Kata kunci apa yang akan saya pilih? Nantikan dalam update selanjutnya.

Related Posts:

No comments:

Post a Comment

jangan lupa follow blog ini,nanti saya follow back,budayakan tinggalkan komentar.