Wednesday, 1 October 2014

Blogodolar Tips & News

Blogodolar Tips & News


Blogodolar Bangkit dari Kubur: 15 Alasan Kuat Saya Membangkitkannya

Posted: 30 Sep 2014 08:09 AM PDT

Anda pernah nonton film Bangkit dari Kubur? Jika Anda penakut, mungkin Anda tidak akan tahan menonton film horor tersebut. Sama seperti Anda, saya juga tidak tahan.

Bukan dalam konteks menonton film itu, namun tidak tahan "mengubur" Blogodolar lama-lama. Namun, saya punya 15 alasan kuat membangkitkannya untuk menuju ke arah yang benar.

Mengapa Blogodolar "Terkubur"?

Selama satu tahun terakhir ini saya fokus membuat puluhan blog niche berbahasa Inggris. Inilah mengapa Blogodolar terbengkalai. Saya mencoba mengelolanya kembali, namun saya tidak punya waktu dan tenaga untuk mengurus blog yang saya dirikan lima tahun lalu ini.

Untungnya, seminggu terakhir ini telah terjadi revolusi mental terhadap saya. Saya memutuskan kembali ke "fitrah" saya yaitu sebagai blogger yang kewajiban utamanya adalah menulis artikel bermanfaat bagi pembaca blog saya, bukan memesan artikel di iWriter dan memublikasikannya di puluhan blog niche berbahasa Inggris saya.

Untuk mendukung produktivitas saya sebagai blogger, saya mendelegasikan optimasi blog-blog niche saya kepada dua orang teman dalam rangka proyek bersama.

Namun, saya tidak meninggalkan blog niche berbahasa Inggris. Saya membatasi diri untuk membuat hanya satu blog niche bahasa Inggris per minggu.

Keuntungan

Mungkin Anda punya satu pertanyaan di kepala Anda ini kepada saya: "Mengapa Anda fokus ke blog Indonesia sementara Anda sudah menghasilkan banyak uang di blog niche berbahasa Inggris?" Jawaban saya serderhana yang dipicu oleh keuntungan dan kerugian apa yang akan saya peroleh.

keuntunganJika saya rajin menulis di Blogodolar, maka saya akan memiliki beberapa keuntungan berikut ini:

1. Meningkatkan trafik dan pelanggan - Selama 5 tahun berdiri, trafik dan pelanggan Blogodolar tidak ada peningkatan signifikan. Jumlah trafik per harinya sekitar 400 pengunjung unik, sementara pelanggan RSS di kisaran 1.500 (300 pelanggan per tahun).

Oleh karena itu, dengan menulis banyak artikel di sini, saya berharap trafik dan pelanggan Blogodolar naik. Pelanggan yang saya maksudkan di sini adalah pelanggan RSS dan pelanggan newsletter yang akan saya coba gaet melalui list building.

2. Memelihara komunitas Blogodolar - Menurut analisis saya, komunitas Blogodolar telah terbentuk karena persentase pengunjung setianya cukup signifikan dari total trafik Blogodolar per bulannya. Dengan rajin memublikasikan postingan bermanfaat terbaru, saya akan memelihara komunitas itu. Selain itu, saya ini juga bentuk terima kasih saya kepada mereka yang selalu menunggu postingan terbaru Blogodolar.

Anda mungkin pernah kecewa ketika berkunjung ke sini tidak ada postingan terbaru, bukan? Saya tidak ingin kekecewaan Anda seperti itu terjadi lagi.

3. Konsisten ngeblog - Seperti yang mungkin Anda ketahui, saya keluar dari pekerjaan saya sebagai karyawan bergaji lebih dari Rp20 juta per bulan untuk menjadi seoarang full time blogger yang mencari nafkah dari blog saya. Dengan rajin menulis artikel di Blogodolar (dan dua blog bahasa Indonesia saya yang lain), saya akan mengukuhkan diri sebagai seorang full time blogger yang konsisten ngeblog.

Dari pengamatan saya, beberapa full time blogger telah berhenti ngeblog karena alasan sibuk dengan pekerjaan offline atau mencoba metode lain dalam mencari uang (misal toko online). Saya ingin menantang diri sendiri bahwa saya tidak seperti mereka.

4. Membantu orang lain - Dengan rajin ngeblog, saya memiliki keuntungan yang tidak terlihat yaitu membantu memecahkan atau menyelesaikan problem orang lain sehingga mereka lebih baik dari sebelumnya. Bentuk membantunya ini tentunya dari tulisan-tulisan berkualitas yang saya buat (dari pengalaman pribadi atau inti sari riset topik yang saya lakukan), bukan dari sekadar artikel tulis ulang atau terjemahan tulisan berbahasa Inggris.

Jika sudah demikian, saya merasa yakin saya sudah memberikan dampak positif kepada orang lain. Seperti yang telah saya bahas sebelumnya, dampak baik kepada orang lain adalah salah satu ukuran kesuksesan.

5. Membangun platform - Dengan rajin menulis, kemampuan menulis saya akan meningkat dan tentunya ini akan saya jadikan modal dasar untuk membuat platform kokoh untuk produk atau jasa saya di kemudian hari. Produk saya bisa berupa buku (cetak atau elektronik), sementara jasa saya bisa berupa bimbingan privat, pembicara seminar, atau premium membership.

Teorinya, semakin banyak produk atau jasa berkualitas saya, semakin banyak pula uang yang akan saya peroleh. Jadi, berbasis teori ini, pola pikir saya dipicu oleh kualitas, bukan dari uang terlebih dahulu.

6. Tanggung jawab dan bangga pada karya sendiri - Seperti telah saya singgung sebelumnya, kewajiban utama blogger adalah menulis artikel bermanfaat bagi pembacanya. Ini tentunya berbeda dengan para pemasar online (internet marketer) yang kewajiban utamanya adalah memasarkan produk atau jasanya.

Dengan rajin menulis, saya telah membangkitkan tanggung jawab saya sebagai blogger. Selain itu, dengan menulis artikel yang berkualitas, saya bangga akan karya tersebut sehingga bukan tidak mungkin artikel saya akan dirujuk media massa atau blog lain yang bertopik sama.

7. Menjalin networking dengan para influencers - Selama lima tahun membangun Blogodolar, upaya saya untuk menjalin networking dengan mereka yang pengaruhnya besar (misal para ahli di bidangnya atau pemilik Twitter berpengikut nyata jutaan orang) sangat minim. Oleh karena itu, untuk mengubah kelemahan ini, saya harus rajin menulis sehingga para influencers tersebut percaya kepada saya dan merekomendasikan saya kepada pengikut dan atau koleganya.

8. Menghilangkan stres - Seperti layaknya blogger lain, saya juga memiliki banyak ide postingan atau produk. Mereka bergentanyangan di kepala saya, yang lama kelamaan membuat saya stres karena saya tidak bisa mewujudkannya. Sebagai contoh, saya ingin membuat buku seputar dunia ngeblog. Namun, sampai saat ini belum terwujud karena beragam alasan saya, mulai dari kekurangan waktu, malas, dan mengalami penjara penulis (writer's block).

Supaya sasaran saya tersebut bukan hanya sekadar pajangan yang tidak pernah dilaksanakan (no action talk only), saya telah mengembangkan sistem sederhana yang sampai saat tulisan ini dibuat bermanfaat sekali bagi saya.

Kerugian

Seperti Anda lihat, ada beberapa keuntungan yang akan saya peroleh. Namun, jika saya tidak rajin menulis di Blogodolar, maka saya akan mendapatkan kerugian sebagai berikut:

  1. Mendapatkan kesan sebagai seorang blogger tidak jelas dan tidak konsisten
  2. Kehilangan peluang emas untuk menjual produk dan jasa sendiri
  3. Stres karena banyak ide postingan di kepala
  4. Blogodolar diitinggalkan para pembaca loyal
  5. Blogodolar dilindas para kompetitornya
  6. Membayar hosting bulanan tanpa ada pemasukkan
  7. Blogodolar bukan sebagai blog otoritas

Kesimpulan

Bangkit dari keterpurukan atau kegagalan tidaklah serumit yang dibayangkan, entah itu Anda sebagai blogger atau profesi lain. Yang Anda perlu lakukan adalah membangkitkan motivasi diri Anda untuk mencapai sasaran yang telah Anda tetapkan.

Agar motivasi ini meledak-ledak, Anda harus memiliki alasan kuat untuk melakukannya. Alasan kuat ini dipicu dengan mendaftar beragam keuntungan yang akan Anda peroleh jika Anda melakukan tidakan dan kerugian yang akan Anda peroleh jika Anda tidak melakukannya.

Satu lagi yang perlu Anda buat adalah sistem yang mengontrol tindakan Anda. Ini bisa berupa skala prioritas pekerjaan, jadwal tugas harian yang efektif, dan dokumentasi produktivitas Anda.

Terlepas dari itu, jika Anda mengalami keterpurukan atau kegagalan, apa yang Anda lakukan untuk menyelesaikannya? Silakan menginformasikannya pada bagian komentar di bawah ini.

Related Posts:

No comments:

Post a Comment

jangan lupa follow blog ini,nanti saya follow back,budayakan tinggalkan komentar.